Penjelasan Ukuran Lapangan Futsal Mini Lengkap

Berapa Ukuran Lapangan Futsal Mini Biasa –¬†Olahraga futsal menjadi salah satu olahraga yang paling digemari kawula muda di Indonesia. Selain mampu menyehatkan badan, bermain futsal sangat menyenangkan.

Apalagi saat ini berbagai usaha penyewaan lapangan futsal mulai tumbuh dan sudah tersebar di sejumlah tempat di kota maupun desa di tanah air. Yang membuat seseorang bersama rekan-rekannya semakin leluasa bermain futsal.

Olahraga yang memiliki kesamaan dengan sepakbola ini menjadi populer dan digandrungi banyak orang terutama bagi mereka yang hobi bermain sepakbola. Walaupun ada sejumlah kemiripan, ada beberapa perbedaan antara olahraga sepakbola dan futsal.

Seperti pada ukuran lapangan. Ukuran lapangan futsal lebih mini sekitar tiga kali lipat dari ukuran lapangan sepakbola standar nasional. Untuk ukuran lapangan futsal mini biasa adalah panjang 25 meter dan lebar 15 meter.

Ukuran Lapangan Futsal Mini Standar Nasional

luas lapangan futsal

Setiap olahraga yang membutuhkan lapangan seperti futsal pastinya mempunyai ukuran lapangan sesuai standar masing-masing. Baik standar nasional maupun internasional. Adapun ukuran lapangan futsal mini standar nasional mempunyai ukuran panjang antara 25 meter hingga 42 meter.

Untuk lebar lapangan futsal mini standar nasional sekitar 15 meter hingga 25 meter. Dengan ukuran lapangan futsal sesuai standar nasional sudah memadai dalam bermain futsal yang nyaman.

Ukuran Lapangan Futsal Mini Standar Internasional

ukuran lapangan futsal mini

Ukuran lapangan futsal mini tidaklah baku. Ada dua versi yang bisa dipilih yakni standar nasional dan standar intenasional.

Dari dua jenis ukuran lapangan pastinya standar internasional lebih diakui dunia internasional. Adapun ukuran lapangan futsal mini berstandar internasional sebagai berikut :

1. Panjang lapangan 38 meter hingga 42 meter

2. Lebar lapangan futsal 18 meter hingga 25 meter

Tampak jelas, ukuran lapangan futsal mini standar internasional lebih luas ketimbang ukuran lapangan futsal mini standar nasional.

Ukuran Lapangan Futsal Mini Indoor dan Outdoor

ukuran lapangan futsal mini

Sebagai olahraga yang hampir sama dengan olahraga sepakbola, futsal mempunyai beberapa perbedaan dari segi luas lapangan dan jumlah pemain. Pemain yang dibutuhkan untuk bermain futsal sebanyak lima orang setiap masing-masing team.

Sedangkan bermain sepakbola memerlukan 11 pemain dalam setiap tim. Perbedaan berikutnya dari segi luas lapangan. Olahraga futsal mempunyai luas lapangan yang lebih kecil ketimbang lapangan sepakbola.

Seiring dengan popularitas olahraga futsal di tengah pemuda Indonesia membuat berbagai pihak mengadakan lomba pertandingan futsal di tingkat pelajar SD, SMP, SMA maupun tingkat mahasiswa dan umum. Dan pesertanya selalu membludak.

Hal ini membuktikan jumlah penggemar olahraga futsal sangat besar di Indonesia.

Untuk bermain futsal, anda bisa menggunakan lapangan futsal outdoor maupun indoor. Yang keduanya sama-sama mempunyai ukuran panjang dan lebar sudah ditentukan sesuai standar nasional dan internasional.

Jika bermain futsal di lapangan indoor pastinya akan terasa pengap. Sehingga memerlukan ventilasi udara yang baik. Sedangkan bermain futsal di lapangan outdoor akan terasa sejuk dan nyaman.

Namun kebanyakan usaha penyewaan lapangan futsal memberikan lapangan sistem indoor. Ukuran lapangan futsal mini indoor dan outdoor sama dikisaran 38 meter x 18 meter.

Kelengkapan Lapangan Futsal

Di dalam lapangan futsal mini terdapat sejumlah garis dengan tingkat kelebaran sekitar delapan centimeter. Seperti garis samping, garis gawang, dll.

Lapangan futsal indoor maupun outdoor terbagi 2 bagian dengan ukuran sama persis. Dan pada bagian tengah terdapat garis tengah yang disertai titik tengah untuk menyimpan bola dan menendang start awal bermain futsal. Terdapat pula gawang.

Adapun ukuran gawang futsal mini memiliki ketinggian sebesar dua meter. Sedangkan lebar gawang tiga meter.

Itulah penjelasan lengkap seputar ukuran lapangan futsal mini beserta kelengkapan yang diperlukan oleh pemain. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita, terima kasih.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *