5 Tradisi Idul Adha di Indonesia yang Masih Ada Sampai Sekarang

Tradisi Idul Adha di Indonesia memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Hal ini tentu didasari dari banyaknya suku bangsa yang mendiami negara kesatuan republik Indonesia.

Baca juga: Qurban online

Oleh karena itu, mendekati hari raya idul adha tahun 2018 ini penulis ingin memberikan informasi menarik mengenai tradisi Idul adha di indonesia.

1. Manten Sapi

tradisi idul adha di indonesia

Di Jawa Timur, persisnya di Pasuruan ada pula rutinitas Idul Adha yang tidak kalah unik dengan rutinitas yang lainnya di Indonesia. Nama tradisinya yaitu Manten Sapi atau pengantin Sapi adalah langkah penduduk di tempat menghormati hewan kurban.

Tradisi Idul adha di Indoneisa yang bernama manten ini akan dilaksanakan H-1. Rutinitas ini sudah dilakukan turun menurun. Dimana hewan qurban sapi akan dirias secantik mungkin sama halnya orang pada saat pernikahan atau mantenan.

Setelah proses menghias sapi sudah selesai, Sapi-sapi itu akan diarak oleh beberapa ratus penduduk menuju masjid untuk diserahkan ke panitia kurban. Selain itu, beberapa ibu-ibu juga ikut menyemarakkan dengan membawa peralatan dapur untuk persiapan penyembelihan hewan itu.

Informasi penting : Jual Sapi Qurban Tangerang

2. Grebeg Gunungan

tradisi idul adha di indonesia

Tradisi idul adha di indonesia selanjutnya berasal dari daerah yogyakarta yang bernama Grebeg Gunungan. Acara ini dilaksanakan mendekati hari raya oleh keraton Yogyakarta.

3 buah gunungan gerebeg yang akan diarak ini dikawal oleh prajurit ditambah 2 ekor kuda menuju masjid. Setelah dibacakan doa, 3 buah gunungan grebeg yang terdiri 1 gunungan lanang, dan 2 gunungan putri akan diperebutkan penduduk yang ada.

3. Kaul Negri dan Abda’u di Maluku Tengah

tradisi idul adha di indonesia

Setelah lakukan solat Idul Adha, penduduk di Negeri Tulehu, Maluku Tengah akan kerjakan rutinitas unik menggendong 3 kambing oleh beberapa pemuka rutinitas dan agama. Lantas tiga kambing itu akan diarak dibarengi lantunan solawat dan takbir sampai tempat penyembelihan.

Sedangkan untuk tradisi idul adha di Indonesia yang bernama Abda’u ini dilakukan oleh pemuda desa Tullehu Ambon. Mereka akan berlomba mengambil bendera bertuliskan tauhid. Rutinitas ini adalah bentuk ketulusan terima Islam jadi agama yang butuh dijaga.

4. Tradisi Idul Adha Di Indonesia Apitan

Peringatan Apitan ini adalah bentuk perasaan syukur penduduk Semarang berdasarkan hasil bumi yang mereka temukan. Rutinitas ini biasanya dengan diawali pembacaan doa dan dilanjutkan dengan arak-arakan.

Waktu selasai arak-arakan semua penduduk akan berebut isi dari iring-iringan, seperti jagung, padi, tomat dan hasil bumi yang lainnya. Mereka meyakini jika hasil bumi itu akan membawa rahmat.

5. Mudik

Biasanya, beberapa orang di Indonesia akan lakukan mudik waktu mendekati Idul Fitri, tetapi berlainan dengan beberapa orang Madura, tidak hanya Idul Fitri, mereka akan lakukan mudik massal waktu mendekati Idul Adha.

Tradisi idul adha ini menurut sebagian orang Madura asli sama penting seperti hari raya idul fitri. Sehingga mengharuskan mereka untuk pulang ke kampung halaman atau mudik.

Mungkin masih banyak tradisi idul adha di indonesia lainnya. Semoga tradisi-tradisi tersebut masih bisa terus ada sampai kegenerasi berikutnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *