Tinggi Net Bulu Tangkis | Ukuran Lapangan | Raket

Tinggi Net Bulu Tangkis – Bulu tangkis yang dikenal dengan istilah badminton adalah salah satu olahraga yang populer di Indonesia.

Cabang olahraga ini telah mengharumkan nama negara Indonesia di berbagai ajang kejuaraan badminton series dunia, Olimpiade dunia, Sea Games, Asian Games dan kejuaraan dunia. Indonesia selalu mendapatkan medali emas dari cabang olahraga bulu tangkis.

Ada lima nomor yang dipertandingkan dalam olahraga bulu tangkis yaitu nomor tunggal putra, kategori tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

Untuk bermain bulu tangkis ada beberapa peralatan dan perlengkapan yang harus disediakan. Yang paling utama adalah shuttlecock dan raket. Jika diperhatikan olahraga badminton hampir sama dengan olahraga tenis.

Yang membedakannya adalah jenis bola yang digunakan. Kalau bulu tangkis menggunakan shuttlecock yang terbuat dari bulu angsa. Sedangkan olahraga tenis menggunakan bola berbentuk bulat yang bersifat memantul.

Sebagai olahraga yang sudah diakui dan dipertandingkan secara resmi di tingkat nasional dan internasional.

Maka olahraga bulu tangkis mempunyai ukuran standarisasi dalam segala hal termasuk tinggi net bulu tangkis. Adapun tinggi net bulu tangkis sebesar 1,55 meter. Sedangkan tinggi tiang net 1,55 meter.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Untuk mulai bermain bulu tangkis tidaklah bisa dilakukan secara sembarang. Anda memerlukan sebuah lapangan dengan ukuran sesuai standar nasional dan internasional BWF.

Adapun ukuran lapangan badminton berstandar internasional untuk kategori ganda campuran, putri dan putra: Panjang lapangan adalah 13,40 meter. Sedangkan lebar lapangan sebesar 6,1 meter. Ketinggian tiang net dan tinggi net sekitar 1,55 meter.

Untuk ukuran lapangan bulu tangkis standar internasional untuk nomor tunggal putri dan putra adalah 13,4 meter x 5,18 meter.

Ukuran Raket Bulu Tangkis

Ukuran baku luas lapangan badminton sesuai standar BWF yang harus dipenuhi tersebut sudah menjadi kesepakatan bersama semua pihak dari level nasional sampai tingkat internasional. Dan bukan hanya mencakup ukuran panjang dan lebar lapangan bulu tangkis.

Tapi juga mencakup ukuran raket bulu tangkis beserta shuttlecock. Adapun raket yang digunakan harus sesuai standar nasional dan internasional dengan bobot maksimal sekitar 150 gram. Adapun bahan raket bulu tangkis bisa berupa fiberglass, alumunium, dan kayu.

Ukuran Net Bulu Tangkis

Net atau jaring bulu tangkis yang terbuat dari tali merupakan salah satu perlengkapan olahraga badminton yang harus disiapkan. Untuk ukuran panjang jaring atau net bulu tangkis sebesar 610 centimeter dengan lebar 76 centimeter.

Pada bagian atas net berupa pita putih dengan ukuran sekitar 3,8 centimeter. Warna net disyaratkan hijau dengan tekstur tali sangat halus.

Pada bagian tiang net berukuran 1,524 meter yang terbuat dari besi atau bahan lainnya yang sangat kuat dan diletakkan di luar garis samping. Tiang net mempunyai ukuran diameter sebesar 3,8 centimeter dan bentuk tiang net bulat.

Ukuran Kok Shuttlecock Bulu Tangkis

Salah satu peralatan yang penting dan yang harus ada di permainan bulu tangkis adalah shuttlecock yang sering disingkat kok. Adapun kok terdiri dari dua bagian yakni bagian bulu kepala dan kepala.

Untuk bagian kepala terbuat dari gabus yang telah dilapisi kulit yang memiliki bentuk setengah bulat. Sedangkan pada bagian kepala ditancapkan bulu angsa yang disusun berjajar rapi dan diikat benang dengan jumlah helai bulu sekitar 14 helai hingga 16 helai.

Bobot shuttlecock sesuai standar nasional maupun internasional dikisaran 4,73 gram sampai 5,5 gram. Dengan ketinggian bulu kok 67 milimeter sampai 74 milimeter.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *