7 Peralatan dan Perlengkapan Bulu Tangkis Lengkap

Peralatan dan Perlengkapan Bulu Tangkis – Olahraga bulu tangkis yang disebut pula badminton merupakan jenis permainan olahraga yang sangat populer di Indonesia. Berkat olahraga bulu tangkis ini nama Indonesia semakin dikenal masyarakat internasional.

Berbagai kejuaraan dunia, Olimpiade, Sea Games, Asian Games dan kejuaraan olahraga dunia lainnya pastinya Indonesia akan mendapatkan medali emas dari cabang olahraga badminton yang menjadi andalannya.

Sehingga lahirlah para pebulu tangkis hebat dari Indonesia seperti Hariyanto Arbi, Icuk Sugiarto, Rudy Hartono, Susi Susanti, Taufik Hidayat, Alan Budikusuma, Candra Sigit dll.

Jika ditelusuri secara lebih dalam, jumlah penggemar olahraga bulu tangkis di Indonesia lumayan besar dari tingkat pedesaan terpencil hingga kota besar. Berbagai klub pecinta olahraga badminton terbentuk dari tingkat desa hingga kecamatan.

Berbagai kejuaraan bulu tangkis pun diadakan baik dalam skala RT, RW, desa maupun antar kecamatan. Apalagi sekarang ini mendekati tanggal 17 Agustus 1945 pastinya cabang olahraga bulu tangkis akan diperlombakan untuk memeriahkan hari kemerdekaan NKRI.

Kelebihan Olahraga Bulu Tangkis

perlengkapan bulu tangkis

Ada banyak alasan yang membuat olahraga bulu tangkis menjadi favorit banyak orang. Salah satunya olahraga bulu tangkis termasuk yang paling mudah, murah, seru dan mengasyikkan bagi banyak orang. Semua anak-anak, remaja hingga orangtua sudah sangat familiar dengan olahraga bulu tangkis.

Untuk bermain bulu tangkis sangat gampang. Dengan modal adanya lapangan kosong memudian melemparkan shuttlekok menggunakan raket ke daerah lawan. Untuk mulai bermain bulu tangkis tidak diperlukan orang dalam jumlah banyak. Cukup dua orang pemain sudah dapat melakukan permainan ini.

Peralatan dan Perlengkapan Bulu Tangkis

Untuk memainkan olahraga bulu tangkis tidak bisa langsung secara sembarangan. Melainkan membutuhkan persiapan yang sangat matang. Dengan cara mempersiapkan alat dan perlengkapan bulu tangkis.

Berikut ini peralatan dan perlengkapan bulu tangkis yang harus disiapkan sebelum bertanding, antara lain :

1.Lapangan

Lapangan merupakan tempat atau sarana area untuk bermain bulu tangkis. Ukuran lapangan bulu tangkis harus disesuaikan dengan standar nasional, internasional dan BWF.

Panjang  lapangan bulu tangkis sesuai standar internasional sebesar 13,4 meter. Sedangkan lebarnya sebesar 6,1 meter. Ukuran lapangan yang cukup luas secara indoor atau dalam ruangan tertutup berbentuk persegi panjang.

2.Net

Berikutnya yang harus dipersiapkan sebelum memulai permainan bulu tangkis setelah lapangan tersedia adalah dipasangkan net. Fungsi net untuk pembatas atau menghalangi daerah masing-masing pemain. Kedudukan net mesti dipasang di tengah lapangan.

Sehingga luas daerah masing-masing pemain seimbang. Adapun bahan net terbuat dari jala atau jaring dengan ketinggian sekitar 155 centimeter. Permainan shuttlekok berlangsung di atas net. Dan jangan sampai tersangkut net. Selain itu, peraturan bulu tangkis tidak membolehkan melambungkan kok di bawah net.

3.Shuttlecock

Salah satu perlengkapan bulu tangkis yang unik dan harus ada adalah shuttlecock. Tanpa adanya shuttlekok maka olahraga bulu tangkis tidak dapat berjalan. Shuttlekok merupakan salah satu ciri khas dari permainan bulu tangkis.

Shuttlekok dibuat dari bulu angsa yang telah diproses secara modern di pabrik. Pada ujung kok terdapat gabus sebagai tempat menempel bulu angsa tersebut secara rapi. Bobot shuttlekok sesuai standar IBF yaitu sebesar 5,67 gr.

Panjang shuttlekok 8,8 centimeter. Adapun jumlah bulu angsa yang menempel pada kok sebanyak 14 buah sampai 16 buah.

4.Raket

Alat ini fungsinya sangat penting yang digunakan untuk memukul kok. Adapun bahan raket umumnya dari aluminium sehingga memiliki bobot sangat ringan.

Dengan harga raket bervariasi dari harga murah sampai paling mahal disesuaikan dengan kualitas. Biasanya dalam raket sudah dipasang senar secara langsung untuk melemparkan shuttlekok.

5.Baju, celana dan handuk

Bagi atlet bulu tangkis yang profesional membutuhkan baju dan celana khusus untuk olahraga bulu tangkis. Bahan baju dan celana adalah yang sangat nyaman dikenakan dan mampu menyerap keringat dengan cepat. Dan jangan lupa untukmembawa handuk untuk menyerap keringat sehabis bermain olahraga bulu tangkis.

Itulah peralatan dan perlengkapan bulu tangkis yang ada dalam olahraga badminton. Anda bisa saja bermain olahraga bulu tangkis dengan perlengkapan seadanya. Misalnya lapangan bulu tangkis yang sempit di ruangan terbuka atau di halaman rumah. Tapi itu menunjukkan kurang resmi dan profesional.

Jika anda ingin bermain bulu tangkis secara profesional maka perlengkapan bulu tangkis yang lengkap di atas harus disediakan sebelum memulai pertandingan badminton. Selamat bertanding!

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *