Penjelasan Nama Bola Bulu Tangkis dan Karakteristiknya

Nama Bola Bulu Tangkis – Salah satu unsur yang penting terdapat dalam suatu permainan atau olahraga adalah bola. Misalkan olahraga bola basket, tenis meja, sepakbola, bola voly dan lain sebagainya.

Semua bentuk bola tersebut adalah sama yakni berbentuk bundar. Begitupula dalam olahraga bulu tangkis yang mempunyai bola.

Namun bola bulu tangkis berbeda dengan bola dalam olahraga lainnya. Bentuk bola dalam permainan bulu tangkis tidaklah bundar tapi berbentuk kerucut yang di salah satu ujungnya terbuka.

Bagi orang yang tidak hobi bermain bulu tangkis terkadang lupa mengenai nama bola bulu tangkis. Lebih parah lagi, mereka tidak mengetahui bagaimana bentuk bola bulu tangkis beserta karakteristiknya. Hal itu tentu sangat wajar.

Karena kekurang pengetahuan mereka terhadap seluk beluk  dan peralatan dalam olahraga bulu tangkis. Namun bagi yang hobi bermain bulu tangkis pastinya mengenal bola bulu tangkis yang sering disebut kok.

Nama Bola Bulu Tangkis Lainnya

nama bola bulu tangkis

Berdasarkan keputusan tetap Federasi Dunia Badminton disingkat BWF, nama resmi bola bulu tangkis adalah shuttlecock. Begitupula yang diadaptasi oleh PBSI.

Namun bangsa Indonesia lebih memilih cara termudah dalam pengucapan bahasa. Dengan memilih bahasa non resmi dengan nama kok.

Sehingga sangat jelas, nama lain dari bola bulu tangkis selain kok adalah shuttlecock. Nama shuttlecock sendiri merupakan bahasa Inggris yang berasal dari suku kata cock yang artinya ayam jantan.

Ciri khas permainan bulu tangkis yang menggunakan bola atau shuttlecock membuat olahraga ini mudah dikenali. Apabila anda mengatakan bola bulu tangkis dengan kok di level internasional tidak akan dikenali oleh bangsa lain.

Bahasa resmi internasional bola bulu tangkis adalah shuttlecock. Sama halnya nama olahraga bulu tangkis yang di level internasional disebut badminton.

Karakteristik/Standar Bola Bulu Tangkis

Bola bulu tangkis yang disebut juga shuttlecock atau di Indonesia disebut kok mempunyai karakteristik tersendiri. Shuttlecok terbuat dari bahan dasar kumpulan bulu angsa atau ayam yang sangat halus dan berwarna putih.

Hal ini menunjukkan olahraga bulu tangkis suci bersih dan harus menunjukkan sikap sportifitas tinggi dan jujur. Bentuk bola bulu tangkis kerucut yang bawahnya terbuka. Sedangkan pada bagian atas terdapat setengah gabus yang diikat kuat.

Berdasarkan peraturan dari BWF selaku organisasi federasi bulu tangkis internasional bahwa shuttlecok harus memiliki karakteristik maupun standarisasi sebagai berikut ini :

1. Bobot shuttlecok sekitar 4,47 gram sampai 5,50 gram

2. Pada bagian kepala shuttlecock terdapat gabus berdiameter sekitar 25 milimeter sampai 28 milimeter

3. Jumlah bulu angsa pada shuttlecock mesti 16 helai yang diikat kuat dengan panjang yang seragam dikisaran 62 milimeter sampai 70 milimeter

4. Ujung bulu kok mesti berbentuk lingkaran berdiameter 58 milimeter sampai 68 milimeter

Sejarah Kok (Shuttlecock)

Berdasarkan latar belakang sejarah yang ada, mulanya shuttlecock yang terbuat dari bahan bulu ayam disebut cock. Dinamakan cock yang berarti bulu ayam jantan. Sehingga pada saat itu, secara bahasa olahraga bulu tangkis bisa disebut permainan bulu ayam yang terbang.

Akan tetapi, disebabkan kata cock yang mempunyai kesan negatif dalam kamus bahasa Inggris membuat BWF merubah namanya menjadi shuttlecock.

Penambahan kata shuttle yang berarti bolak balik berdasarkan fakta yang ada. Bahwasanya olahraga bulu tangkis adalah permainan yang saling memukul bola bulu tangkis secara bolak balik atau silih bergantian.

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, pembuatan shuttlecock tidak hanya dibuat dari bahan bulu ayam tapi juga bulu angsa yang mempunyai kualitas lebih baik.

Tips Menjaga Bola Badminton Agar Awet

Bola bulu tangkis atau kok yang terbuat dari bulu angsa jika sering digunakan akan mengalami kerusakan.

Semakin sering digunakan maka semakin cepat rusak. Kecuali kok yang terbuat dari plastik yang lebih awet walaupun sering digunakan.

Dan harga kok plastik lebih murah ketimbang harga shuttlecock dari bahan bulu angsa yang resmi di tingkat nasional dan internasional. Kok plastik hanya dipergunakan saat latihan atau pertandingan bulu tangkis tak resmi.

Berikut ini tips menjaga bola badminton agar awet dan tahan lama, antara lain :

1. Shuttlecock dilembabkan terlebih dahulu selama empat jam. Hal ini supaya shuttlecok dapat terbang secara maksimal dan awet. Kok yang kondisinya kering akan gampang rusak dan rapuh. Pelembapan kok tidak membuatnya basah. Namun hanya membuat sedikit lembab menggunakan kotak humidifikasi.

2. Disimpan pada tempatnya. Jika shuttlecok sudah digunakan maka bisa disimpan dalam wadahnya kembali atau di dalam kamar mandi untuk menjaga kelembapan kok.

3. Shuttlecok dijauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung. Karena bisa membuatnya sangat kering sehingga mudah rusak saat digunakan.

Demikianlan penjelasan singkat nama bola bulu tangkis beserta sejarahnya, karakteristik dan tips menjaga bola badminton agar awet dan tahan lama.

Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda semua yang ingin mengetahui secara lengkap seluk beluk dunia bulu tangkis serta peralatan dan perlengkapan yang ada.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *