Mukjizat Nabi Nuh AS Serta Kisah Lengkap Membangun Kapal

Mukjizat Nabi Nuh AS – Inilah salah satu nabi yang diabadikan menjadi sebuah surat dalam Al-Qur’an yaitu Nuh alaihisalam. Surat Nuh sendiri berisi perjuangan Nabi Nuh AS dalam mengemban misi dakwah kepada umatnya. Mukjizat nabi Nuh AS terbilang cukup banyak.

Jika disuruh sebutkan tiga mukjizat Nabi Nuh as pastinya akan sangat mudah menjawabnya berdasarkan dalil naqli Al Quranul karim.

Sejarah Nabi Nuh Alaihi Salam Dan Keturunannya

mukjizat nabi nuh as

Berdasarkan sebuah riwayat, Nabi Nuh AS berasal dari daerah Armenia yang terdapat di wilayah antara Azerbaijan, Turki dan Iran. Nabi Nuh alaihisalam merupakan keturunan generasi kesepuluh dari Nabi Adam.

Beliau mempunyai anak sebanyak empat orang yang laki-laki semuanya. Pertama, Kan’an sebagai anak sulung. Kedua, Yafith. Ketiga, Sam. Dan keempat, Ham.

Allah SWT mengutus nabi Nuh AS kepada kaumnya untuk menyadarkan mereka. Karena mereka telah berbuat syirik, menyekutukan Allah dan durhaka pada Allah SWT secara merajalela termasuk anaknya Kan’an. Mereka menyembah patung buatan mereka sendiri.

Kesesatan yang teramat parah dan tugas nabi Nuh AS untuk menyadarkan kaumnya supaya beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dengan sebenar-benar takwa.

Anak Nabi Nuh Yang Durhaka

mukjizat nabi nuh as

Ajakan Nabi Nuh AS untuk mentauhidkan Allah SWT tidak digubris oleh kaumnya bahkan anaknya sendiri Kan’an. Mereka tetap menolak kebenaran yang terpancar dari mulut nabi Nuh AS.

Bahkan mereka menantang kehadiran azab Allah SWT yang sangat pedih. Atas penolakan tersebut Nabi Nuh mengadu kepada Allah SWT apalagi beliau mendapatkan ejekan, caci maki dan olokan dari kaumnya.

Dalam kurun waktu 950 tahun, Nabi Nuh alaihisalam telah menyampaikan dakwah dan risalah. Namun mayoritas kaumnya menolak ajakannya termasuk isteri tercinta dan anaknya Kan’an. Hanya sedikit sekali orang yang mengikutinya. Terutama dari kalangan kaum miskin dan melarat.

Allah SWT menyuruh pada Nabi Nuh supaya membikin suatu kapal yang sangat besar di atas sebuah gunung. Padahal saat itu musim panas. Tindakan Nabi Nuh tersebut mendapatkan ejekan dan cacian kaumnya yang menganggapnya ia gila.

Namun Nabi Nuh tak menghiraukan perkataan kaumnya. Ia terus membuat sebuah bahtera sebagaimana perintah Allah SWT. Dalam waktu 40 tahun, akhirnya kapal bahtera selesai dibuat.

Seruan Menaiki Kapal

mukjizat nabi nuh as

Kemudian Nabi Nuh AS menyuruh orang-orang beriman untuk menaiki kapal tersebut sebagai perintah dari Allah SWT. Selain dinaiki orang-orang beriman, hewan dan burung secara berpasangan dimasukkan ke dalam kapal.

Tak berlangsung lama kemudian, tiba-tiba dari dasar bumi keluar air yang terus menerus mengalir. Kemudian terjadi hujan yang sangat deras yang bumi semakin tenggelam dalam arus air yang sangat besar.

Orang-orang kafir tenggelam di atas banjir besar tersebut. Walaupun mereka mencari tempat perlindungan tetap saja air terus menerus meninggi yang membuat mereka tenggelam.

Nabi Nuh AS melihat buah hati tercinta bernama Kan’an sedang berusaha menyelamatkan diri dari banjir yang sangat besar. Kemudian dengan penuh kasih, Nabi Nuh AS mengajak sang anak untuk menaiki kapal. Beliau berkata :”Wahai anakkku, naiklah ke dalam bahtera kami. Jangan engkau mati bersama orang kafir!”

“Tidak ayah, saya akan selamat dengan menaiki puncak gunung!” jawab Kan’an yang menolak ajakan ayahanda tercinta dan ia memilih menaiki puncak gunung.

Nabi Nuh AS berseru,”Wahai anakku dengarkan ayahandamu. Tak ada seorang pun yang dapat berhasil menyelamatkan diri dari situasi ini kecuali ijin Allah SWT”. Kemudian datanglah ombak air yang sangat besar dan menenggelamkan Kan’an ke dasar bumi.

Nabi Nuh AS bersedih, ia berkata “Ya Allah sesungguhnya anakku Kan’an termasuk keluargaku”. Namun Allah SWT berfirman bahwa Kan’an bukanlah keluarganya.

Kan’an merupakan anak sulung durhaka yang tidak beriman kepada Allah SWT. Padahal ayahnya sendiri adalah nabi dan rasul yang menyeru kepada kebenaran dan keimanan.

Anak Nabi Nuh Yang Selamat

Adapun anak-anak tercintanya yang selamat adalah Sam, Ham dan Yafith. Karena ketiga anaknya mengikuti ajakan ayahandanya dengan beriman kepada Allah dan bertakwa padaNya.

Sebaliknya, anak tertua bernama Kan’an dan isteri tercinta mati tenggelam disebabkan keingkarannya terhadap keimanan pada Allah SWT.

Kemudian setelah banjir bandang mereda, kapal pun berlabuh. Dan anak-anak nabi Nuh AS menyebar di berbagai daerah untuk melahirkan beberapa keturunan sampai sekarang ini.

Mukjizat Nabi Nuh AS

Nabi Nuh AS merupakan salah seorang nabi dan rasul utusan Allah SWT yang termasuk dalam golongan ulul azmi. Dalam arti, nabi dan rasul yang mempunyai kedudukan lebih tinggi di hadapan Allah SWT.

Disebabkan perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan untuk membawa risalah sangat berat sampai hampir seribu tahun. Kaumnya mayoritas menentang ajakan beliau dan justeru mengolok-oloknya.

Walaupun Nabi Nuh AS mempunyai kedudukan sangat tinggi di hadapan Allah SWT, kita tak boleh membeda-bedakan antara rasul atau nabi dengan rasul dan nabi lainnya.

Beliau sama-sama mulia di hadapan Allah sebagai manusia pilihan terbaik yang dipilih Allah SWT untuk menegakkan agama Islam di muka bumi. Setiap muslim mesti beriman kepada segala nabi dan rasul yang telah diutus Allah SWT.

Berikut ini beberapa mukjizat Nabi Nuh AS, antara lain :

1. Bapak perkapalan yang paling pertama di dunia

2. Mampu mengobati berbagai penyakit walau hanya dengan kotoran manusia

Kisah Nabi Nuh Alaihi Salam Lengkap

Untuk mengetahui dengan lengkap kisah Nabi Nuh alaihi salam sangatlah mudah. Kita membaca kisahnya di dalam Al Quranul karim surat Nuh. Berikut kisah singkat nabi nuh alaihisalam berdasarkan dalil naqli al Quran Surat Nuh secara berurutan, antara lain:

1. Sesungguhnya Allah SWT sudah mengutus Nabi Nuh AS kepada kaumnya. Semua itu atas perintah Allah SWT karena Nabi Nuh AS telah diangkat jadi nabi dan rasul.

2. Kemudian Allah SWT berfirman kepada Nuh AS: “Berilah kepada kaum kamu peringatan sebelum datang azab yang sangat pedih pada mereka.”

3. Lalu Nabi Nuh alaihisalam melaksanakan perintah Allah SWT tersebut. Beliau  memberikan penjelasan kepada kaumnya,”Hai kaumku, sesungguhnya saya adalah pemberi peringatan bagi kalian bahwa hendaklah kalian beribadah kepada Allah, bertakwa kepada Nya dan mentaatiNya.

Pasti Allah SWT akan memberikan kalian ampun atas semua dosa dan kesalahan kalian. Dan kalian akan ditangguhkan azabnya hingga saat yang sudah ditentukan. Sesungguhnya ketentuan Allah SWT jika datang tak dapat lagi dimundurkan apabila kalian mengetahuinya.”

4. Tak jemu selama seribu tahun kurang lima puluh tahun, nabi Nuh AS terus menerus menyeru kepada kaumnya untuk hanya menyembah Allah SWT, bertakwa dan mentaatiNya. Namun hanya sebagian kecil saja yang mengikutinya.

Pengaduan Nabi Nuh AS

Oleh sebab itu, beliau mengadu kepada Allah SWT : “Ya Allah, sesungguhnya saya sudah menyeru kaumku di waktu siang dan malam. Namun semua seruanku itu menambah kaumku jauh dari kebenaran.

Setiap saya menyeru keimanan pada kaumku justeru mereka menutupkan telinga mereka dengan anak jarinya. Dan mereka menutupkan pakaian ke wajahnya. Mereka bersikeras mengingkari kebenaran dan bersikap sombong yang teramat sangat.

Ya Allah, saya sudah menyeru kaumku untuk beriman kepada Allah SWT secara terang-terangan maupun sembunyi. Secara terbuka dan diam-diam.

Saya mengatakan pada mereka kebenaran sesuai yang Allah SWT perintahkan hendaklah kalian meminta ampun kepada Allah SWT karena Allah SWT Maha Pengampun.

Nabi Nuh melanjutkan,”Jika kalian bertaubat kepada Allah SWT pasti Allah SWT akan menurunkan hujan yang deras dari langit untukmu dan memperbesar harta bendamu beserta anak-anakmu.

Dan Allah SWT akan memberikan kebun-kebun yang di dalamnya ada sungai. Mengapa kalian tak percaya akan kebesaran Allah SWT?”

Kemudian atas kesesatan dan keingkarannya, kaum Nabi Nuh AS mendapatkan azab dari Allah SWT berupa banjir besar. Mereka di tenggelamkan dalam lautan gelombang yang sangat dahsyat dan ganas bertahun-tahun lamanya.

Itulah mukjizat nabi Nuh AS beserta kisah singkatnya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan akan nabi Nuh yang berjuang menyebarkan agama Islam.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *