Materi Badminton Lengkap | Teknik Dasar | Peraturan | Lapangan

Materi Badminton – Permainan bulu tangkis yang sering disebut badminton merupakan jenis olahraga yang paling banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Hal ini tak terlepas dari olahraga ini sangat menyenangkan dan membuat badan sehat.

Ditambah lagi dengan olahraga badminton telah mengharumkan nama Indonesia dalam dunia internasional. Berkat olahraga badminton banyak orang di dunia mengenal kehadiran negara Indonesia.

Telah banyak pahlawan Indonesia dalam dunia bulu tangkis yang mengharumkan nama Indonesia dari masa ke masa.

Seperti untuk kategori tunggal putra dan putri antara lain Icuk Sugiarto, Joko Supriyanto, Taufik Hidayat, Alan Budikusuma, Susi Susanti,Liem Swie King, Rudy Hartono, Haryanto Arbi, Simon Santoso dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk kategori ganda putra, putri dan campuran terdapat nama besar Candra dan Sigit, Rexy Mainaky Dan Ricky Subagja, Lilyana Natsir dan Tantowi Ahmad dan lain-lain.

Prestasi yang diraih para pebulu tangkis Indonesia dalam berbagai ajang di dunia seperti Sea Games, Asian Games, Olimpiade dan kejuaran dunia super series membuat pemerintah Indonesia sangat intens dan peduli terhadap perkembangan olahraga badminton di Indonesia.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga terus menerus membina atlet badminton dari level yunior dan senior dengan telaten.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mengembangkan olahraga badminton di Indonesia lebih berprestasi lagi.

Seperti menggandeng pihak sponsor, mengadakan berbagai kejuaraan badminton dari semua kategori umur, mendirikan berbagai klub badminton dari kota hingga pelosok daerah yang terpencil, mencari bibit-bibit muda yang berbakat bermain badminton, membangun sarana dan prasarana olahraga badminton dan lain sebagainya.

Materi Pengertian Badminton

materi badminton

Adapun pengertian badminton adalah sebuah olahraga yang dimainkan oleh dua pihak yang saling berlawanan.

Untuk memainkan olahraga badminton membutuhkan peralatan dan perlengkapan yang meliputi raket dengan bobot sangat ringan, net untuk memisahkan daerah masing masing, lapangan badminton dan shuttlecock.

Permainan badminton bisa dilakukan secara tunggal putra atau putri maupun beregu putra dan putri ataupun campuran.

Dalam memulai olahraga badminton diperlukan lawan dan wasit yang mengatur jalannya pertandingan. Bola bulutangkis yang disebut juga kok dipukul terlebih dahulu oleh salah satu pemain ke daerah lawan. Kemudian sang lawan memukul kok ke daerah lawan lagi.

Begitu seterusnya pukulan terhadap shuttlecock saling bergantian sampai kok masuk ke lantai daerah lawan menjadi point atau keluar.

Olahraga yang sudah merakyat ini sangat disukai masyarakat Indonesia untuk kesehatan dan melepaskan rasa penat. Dalam dunia olahraga sama seperti halnya materi badminton yang dijunjung tinggi adalah sportivitas.

Ada banyak manfaat dan nilai dari olahraga bulu tangkis antara lain semangat saling kerjasama, semangat tampil percaya diri, kerja keras, saling menghargai dan bersikap jujur atau sportifitas tinggi.

Perkembangan olahraga badminton semakin dikenal di dunia internasional dan terus berkembang pesat khususnya di daerah Asia Tenggara dan Asia Timur.

Sejumlah negara di Asia dan Eropa mempunyai tradisi yang sangat kuat dalam olahraga badminton seperti negara Denmark, Korea Selatan, Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, India, Jepang, China, dan negara lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri olahraga badminton mempunyai induk organisasi bernama PBSI singkatan dari Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia yang berdiri tahun 1951. Untuk organisasi badminton internasional adalah IBF (International Badminton Federation).

Dengan demikian jelas, perbedaan materi badminton dan bulu tangkis adalah dari segi penamaan saja yang keduanya sama. Badminton nama lain olahraga bulu tangkis yang sering disebutkan oleh orang luar negeri secara resmi. Sedangkan bulu tangkis sering diucapkan oleh masyarakat Indonesia.

Materi Badminton | Lapangan

materi badminton

Salah satu hal yang mendukung berjalannya permainan badminton secara sukses, baik dan lancar adalah adanya beberapa alat dan perlengkapan olahraga badminton yang meliputi raket, shuttlekock, net atau jaring, dan lapangan.

Untuk materi lapangan badminton bisa dalam bentuk indoor maupun outdoor. Namun yang resmi berdasarkan standar PBSI dan IBF adalah lapangan badminton bersifat indoor atau di ruangan tertutup.

Jika anda hendak membuat lapangan badminton maka anda harus melihat ukuran lapangan sesuai standar yang berlaku. Ukuran lapangan badminton harus disesuaikan dengan yang ditetapkan sesuai standar nasional dan internasional.

Dengan panjang sebesar 13,4 meter bagi kategori ganda dan tunggal. Sedangkan lebarnya sebesar 5,18 meter untuk kategori single. Dan lebar lapangan badminton sebesar 6,1 meter bagi kategori beregu atau ganda.

Materi Badminton Tinggi Net

materi badminton

Peralatan yang harus ada dalam olahraga badminton adalah net atau jaring yang dibuat dari bahan tali yang sangat halus. Umumnya warna net atau jaring berwarna hijau maupun warna gelap lainnya. Fungsi sebuah jaring pada olahraga badminton sangat penting.

Tanpa kehadiran net pada olahraga ini akan membuat permainan badminton berlangsung kacau dan tidak seru. Net merupakan batas pemisah antara daerah lawan dengan lawannya.

Pemasangan net atau jala berada di tengah lapangan yang membagi dua daerah yang sama besarnya. Dengan adanya net atau jaring maka shuttlecock harus dimainkan di atas jaring. Dan tak jarang, kok tersebut tersangkut di jaring atau net.

Untuk jaring net mempunyai lubang-lubang kecil sekitar 15 milimeter. Panjang net badminton sebesar 6,1 meter sesuai lebar lapangan. Sedangkan lebar net adalah 76 centimeter.

Jaring atau net yang dipasang di lapangan badminton pada bagian atasnya harus terdapat pita panjang berwarna putih dengan lebar 7,5 centimeter. Hal tersebut sesuai standar IBF dan PBSI.

Sehingga saat bermain badminton pada bagian atas net atau jaring bisa dilihat secara jelas oleh para pemain. Untuk tinggi net badminton adalah 155 centimeter dari bawah lapangan.

Materi Badminton | Teknik Dasar 

Untuk bermain olahraga badminton tidaklah sembarangan. Seorang pemain harus mengetahui teknik dasar bermain badminton. Untuk lebih jelas, inilah teknik dasar badminton yang perlu anda ketahui, antara lain :

1. Cara memegang raket

Hal pertama yang harus dikuasai tentunya cara memegang pemukul kok atau raket yang baik dan benar. Ada berbagai cara dalam memegang raket, antara lain : Combination grip, backhand grip, forehand grip dan American grip.

2. Seni memukul kok

Untuk memukul shuttlecock dapat dilakukan melalui lob, netplay, dropshot, drive, smash (pukulan keras sangat cepat) dan servis. Untuk pukulan kok pada service disebut juga sebagai pukulan pertama dalam memulai olahraga badminton.

Pukulan kok dalam servis bisa berupa pukulan service panjang yang diarahkan ke belakang lawan maupun pendek yang diarahkan kok pada depan lawan.

Peraturan Badminton

Berikut ini sejumlah peraturan dalam olahraga badminton, antara lain :

1. Kategori pemain dalam olahraga badminton meliputi: pemain ganda campuran, ganda putra, ganda putri, pemain tunggal putra dan tunggal putri.

2. Setiap pertandingan badminton haruslah dipimpin oleh satu orang wasit utama atau sang pengadil lapangan yang memiliki tingkat kejujuran tinggi. Wasit utama dibantu oleh 4 wasit garis.

Jika shuttlecock keluar lapangan badminton maka wasit garis akan membukakan kedua tangan. Jika kok masuk ke daerah lawan maka akan satu tangan akan menunjuk ke arah kok masuk.

3. Untuk memulai pertandingan badminton harus dilakukan toss atau undian dalam rangka penentuan siapa yang melakukan service pertama atau daerah mana yang akan ditempati terlebih dahulu bagi pemenang toss. Toss atau pengundian bisa dengan menggunakan koin oleh wasit utama.

4. Apabila seorang pemain melaksanakan kesalahan dalam service maka pihak lawan mendapatkan satu poin dan service pindah ke lawan bersangkutan. Sebaliknya apabila penerima servis melaksanakan tindakan kesalahan maka lawannya akan dapat satu point.

Itulah materi badminton yang bisa Anda pelajari untuk menambah wawasan atau sekedar memperdalam hobi. Semoga bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *