Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Wajah Berjerawat dan Kulit

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Wajah – Setiap buah-buahan memiliki manfaat dan khasiat tersendiri. Seperti jeruk nipis, buah naga, buah jeruk, pisang dan lain sebagainya.

Salah satunya yang menjadi sorotan banyak orang adalah belimbing wuluh. Ada banyak kegunaan dari belimbing wuluh.

Selain dijadikan juice dengan rasa yang menyegarkan, buah-buahan yang mempunyai bentuk kecil dan rasa cukup masam ini berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan kulit dan kecantikan pada kulit wajah.

Hal ini membuat tak aneh jika berbagai produk kecantikan kulit dan wajah seringkali menggunakan esktrak belimbing wuluh di dalamnya.

Bagi anda yang ingin merawat kulit wajah supaya terlihat cantik, segar dan sehat secara natural alangkah lebih baik menggunakan belimbing wuluh sebagai salah satu cara perawatan kulit wajah secara alami atau tradisional yang paling efektif dan efisien.

Cara Memanfaatkan Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Kulit Badan

manfaat belimbing wuluh untuk wajah1

Ada dua cara memanfaatkan belimbing wuluh bagi kesehatan kulit badan dan wajah manusia, yakni:

1. Dikonsumsi secara langsung

Karena rasa belimbing wuluh yang teramat masam membuat jarang sekali orang memakan belimbing wuluh secara langsung. Mereka lebih memilih memblender atau membuat juice belimbing wuluh yang dicampurkan susu dan gula sehingga rasanya sedikit manis.

Untuk mendapatkan juice belimbing wuluh yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit maka anda bisa membelinya di para pedagang jus buah-buahan terdekat. Harga juice belimbing wuluh sekitar Rp 10 ribu per porsi.

2. Dijadikan sebagai masker wajah

Selain itu, buah-buahan yang bentuknya seperti bintang ini dapat dijadikan masker wajah untuk meningkatkan kesehatan dan kesegaran kulit wajah.

Cara Membuat  Masker Belimbing Wuluh Setiap hari

manfaat belimbing wuluh untuk wajah

Berikut ini cara membuat masker belimbing wuluh untuk wajah, antara lain :

1. Mempersiapkan alat dan bahan-bahan

Untuk alat dan bahan pembuatan masker wajah dari belimbing wuluh meliputi : blender segala merk, air hangat dan sepuluh buah belimbing wuluh.

2. Proses pembuatan

Kemudian bahan-bahan yang tersedia di simpan dalam tempat yang bersih. Ambil semua belimbing wuluh lalu cuci hingga bersih. Selanjutnya memasukkan belimbing wuluh pada blender. Lalu tambahkan air hangat yang matang secukupnya. Berikutnya blender hingga sampai halus.

3. Selesai.

Masker wajah dari blender sudah siap untuk dipakai. Cara menggunakan masker belimbing wuluh pada wajah manusia sama seperti masker alami lainnya yaitu dengan membersihkan dulu wajah dari berbagai kuman dan kotoran menggunakan air bersih plus sabun pembersih wajah.

Selanjutnya, lakukan pengeringan wajah. Kemudian balurkan semua masker belimbing wuluh secara merata pada wajah. Lakukan pendiaman selama sepuluh menit.

Selepas itu, gosoklah masker belimbing wuluh pada wajah dengan jari jari tangan secara perlahan lahan agar sel kulit mati yang terdapat dalam wajah dapat hilang secara sempurna. Kemudian bilas wajah sampai bersih memakai air bersih yang mengalir.

Manfaat belimbing wuluh untuk wajah sangat efektif jika dijadikan masker seperti di atas.

Kandungan Vitamin Belimbing Wuluh

manfaat belimbing wuluh untuk wajah

Belimbing wuluh mempunyai banyak vitamin dan mineral di dalamnya yang mampu mempercantik kulit tubuh dan kulit wajah manusia. Seperti vitamin B1, Vitamin C, vitamin A, mineral, zat posfor, karbohidrat, serat, potasium, zat besi dan lain-lain.

Dengan kandungan yang dimilikinya tersebut bisa meningkatkan kesehatan kulit manusia dengan cara dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan masker wajah.

Buah sayur yang mudah tumbuh di pekarangan rumah ini juga memiliki banyak kandungan kalium sitrat, oksalat, sulfur, tanin, glukosid, saponin dan flavonoid yang berkhasiat menjaga kecantikan wajah dan kulit pada manusia.

Dengan demikian, belimbing wuluh mempunyai banyak manfaat dan khasiat terutama bagi kesehatan tubuh manusia khususnya pada kulit wajah.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Wajah Dan Kulit

Untuk lebih jelas, berikut ini beberapa manfaat belimbing wuluh untuk wajah dan perawatan kulit bagi manusia, antara lain :

1. Memperkecil Pori-Pori pada Kulit

Salah satu penyebab dari tumbuhnya jerawat adalah pori-pori wajah seseorang berukuran besar. Dengan menggunakan belimbing wuluh yang dijadikan masker maka akan memperkecil pori pori kulit wajah.

Bakteri dan kotoran tidak bisa masuk dalam pori pori wajah. Sehingga bisa terhindar dari jerawat atau kulit wajah yang kusam.

2. Memperlambat proses penuaan kulit

Seiring bertambah umur seseorang maka kulit wajah dan badan akan keriput. Dengan mengkonsumsi belimbing wuluh dan dijadikan masker wajah setiap hari akan memperlambat proses penuaan kulit. Sehingga seseorang tampak awet muda dengan kulit yang sehat dan cantik.

Hal ini karena belimbing wuluh mengandung banyak vitamin A dan vitamin C serta mineral yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menghentikan garis halus dan kerutan pada kulit wajah. Laju radikal bebas bisa dihentikan dengan zat yang terdapat dalam belimbing wuluh.

3. Memuluskan kulit

Siapa sih yang tidak mau memiliki kulit wajah yang mulus dan cerah? Tentu setiap orang mendambakannya terutama bagi seorang wanita yang sudah ditakdirkan ingin selalu tampil cantik dan menarik.

Penggunaan masker dari belimbing wuluh atau jus belimbing wuluh dipercaya dapat memuluskan kulit wajah manusia. Sehingga bisa terhindar dari keriput, kulit kasar dan berjerawat. Hal ini disebabkan buah ini mempunyai banyak vitamin C.

4. Mengobati panu

Salah satu penyakit yang mengganggu penampilan seseorang adalah penyakit panu. Seringkali seseorang tidak merasa percaya diri dan risi dengan penyakit panu yang dideritanya. Ternyata penyakit panu bisa diobati dengan menggunakan belimbing wuluh.

Namun cara ini bukan cara instant. Melainkan dilakukan secara bertahap sampai panu hilang. Caranya potong belimbing wuluh kemudian oleskan pada kulit yang terkena panu.

Hal ini karena belimbing wuluh memiliki kandungan zat anti jamur dan anti bakteri yang dapat menghilangkan penyakit kulit panu pada tubuh manusia.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Wajah Berjerawat

Jerawat adalah masalah klasik yang kerap dialami oleh remaja yang sedang dalam tahap pertumbuhan. Jerawat yang muncul pada wajah tentu saja membuat penampilan seseorang tidak maksimal.

Sehingga penderita jerawat seringkali kurang percaya diri tampil di khalayak ramai. Oleh sebab itu, berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan jerawat dalam waktu singkat. Salah satu cara mengatasi jerawat bisa dilakukan secara alami yaitu menggunakan belimbing wuluh.

Belimbing wuluh terbukti dapat mengatasi dan bisa mengobati jerawat atau komedo yang terdapat dalam wajah manusia. Luka luka atau flek hitam bekas jerawat yang berupa bintik hitam dapat dihilangkan menggunakan belimbing wuluh.

Ha ini tak terlepas dari belimbing wuluh mengandung zat antioksidan yang dapat menyamarkan dan menghilangkan flek hitam bekas jerawat di wajah secara perlahan-lahan.

Selain bisa menghilangkan flek hitam bekas jerawat di wajah secara bertahap, belimbing wuluh dapat mencegah timbulnya jerawat pada wajah.

Karena mengandung anti bakteri sehingga kulit wajah selalu bersih dari kuman dan bakteri sebagai penyebab timbulnya jerawat. Pori-pori kulit wajah tidak tersumbat oleh bakteri dan kotoran yang dapat membuat timbul jerawat.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Memutihkan Wajah

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang memegang peranan sangat penting sebagai tampak depan manusia. wajah yang berseri dan cantik akan membuat nyaman orang menatapnya.

Sebaliknya wajah yang berkulit kusam akan membuat seseorang enggan untuk melihatnya. Penggunaan belimbing wuluh dapat membuat wajah seseorang bercahaya, sehat dan berseri.

Selain itu, belimbing wuluh sangat berguna secara efektif untuk memutihkan wajah manusia secara alami dan bertahap. Telah banyak orang yang berhasil memutihkan kulit wajah mereka secara alami atau tradisional menggunakan belimbing wuluh.

Hal ini disebabkan kandungan zat dan vitamin yang dapat membuat kulit jadi putih terdapat dalam buah sayur ini.

Demikian manfaat belimbing wuluh untuk wajah. Sebenarnya masih banyak kegunaan lain buah sayur ini bagi manusia dalam soal kesehatan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *