Manfaat Air Hangat Untuk Wajah Berminyak | Berjarawat

Manfaat Air Hangat Untuk Wajah – Setiap hari manusia sibuk dengan kegiatan masing-masing. Baik di luar rumah maupun di dalam rumah. Dengan kesibukan tersebut secara indoor maupun di luar rumah tidak jarang membikin kulit wajah seseorang menjadi kusam dan kotor.

Diakibatkan debu dan kotoran yang beterbangan menempel di kulit wajah. Paahal wajah merupakan salah satu bagian anggota tubuh yang paling banyak dilihat orang. Sehingga perawatan wajah yang sehat sangat diperlukan supaya wajah tampil segar, bersih dan menawan.

Jangan sampai anda membiarkan debu dan kotoran terus menempel di wajah. Yang membuat kulit wajah anda tampak kusam dan kotor serta timbul berbagai gangguan kulit wajah.

Seperti munculnya komedo dan jerawat. Kalau hal itu dibiarkan terus tentunya dapat mengganggu penampilan seseorang. Oleh sebab itu, diperlukan perawatan kulit wajah. Salah satunya dengan mencuci muka secara rutin menggunakan air hangat.

Manfaat Cuci Muka dengan Air Hangat

manfaat air hangat untuk wajah

Salah satu aktifitas manusia yang sering dilakukan adalah mencuci muka. Minimal bagi seorang muslim mencuci muka sebanyak lima kali yakni ketika dini hari untuk melaksanakan shalat subuh.

Diwaktu jam 12 siang saat hendak melaksanakan salat zuhur. Ketika sore atau asar, maghrib dan isya. Semua itu dilakukan cuci muka sebagai bagian dari rukun berwudhu.

Namun berdasarkan riset yang dilakukan lembaga kedokteran yang terkenal bahwasanya mencuci muka sangat bagus menggunakan air hangat. Ada banyak manfaat mencuci wajah dengan air hangat.

Seperti dapat membersihkan wajah dari berbagai debu dan kotoran, memperkecil terkena gangguan kulit pada wajah misalkan jerawat dan komedo, membuat wajah tampak cerah berseri dan manfaat lain sebagainya.

Air Hangat Untuk Wajah

manfaat air hangat untuk wajah

Mengingat begitu besarnya manfaat mencuci muka dengan air hangat maka sudah selayaknya anda menjalankan cara ini. Berikut ini cara memanfaatkan air hangat untuk mencuci wajah yang baik dan benar, antara lain :

1. Membersihkan telapak tangan terlebih dahulu

Sebelum mencuci muka dengan air hangat pastikan tangan anda bersih dari berbagai kotoran dan penyakit. Caranya dengan membasuh tangan sampai bersih di air yang mengalir.

Hal ini berguna untuk menghilangkan kuman-kuman penyakit dalam kedua telapak tangan. Jangan sampai tangan anda yang kotor dan mengandung kuman penyakit menular pada wajah anda ketika mencuci muka yang membuat wajah jauh dari kata bersih.

2. Memakai produk kosmetik pembersih yang sesuai dengan kulit

Ada banyak produk pembersih muka di pasaran. Namun semua itu tidak menjamin cocok dengan jenis kulit anda. Jika dipaksakan akan berakibat pada kulit yang alergi dan keriput.

Oleh karena itu, pastikan anda menggunakan produk kosmetik pembersih kulit yang cocok dengan kulit anda ketika mencuci muka dengan air hangat. Sabun muka, cleansing foam, susu pembersih dan lain-lain dapat dijadikan kosmetik pembersih wajah dengan dibasuh air hangat.

3. Mencuci wajah secara rutin

Supaya kulit wajah tampak bersih dan berseri  tidaklah didapatkan secara instant. Melainkan harus melalui proses yang panjang dan disiplin dalam mencuci muka menggunakan air hangat.

Minimal lakukan pencucian wajah dengan air hangat sebanyak dua kali dalam satu hari yaitu di waktu bangun tidur dan sebelum tidur.

4. Memakai handuk sangat lembut

Kulit wajah sangat sensitif dan memiliki jaringan kulit yang sangat tipis. Setelah mencuci muka menggunakan air hangat selanjutnya anda mengelap muka memakai handuk yang sangat lembut.

Cara mengelap dengan menepuk-nepuk kulit wajah sampai kering bukan dengan menggosoknya. Sehingga tidak membuat kulit wajah rusak, iritasi atau terkikis.

Manfaat Mencuci Muka Dengan Air Hangat

manfaat air hangat untuk wajah

Bagi anda yang ingin mengetahui dengan lengkap beberapa manfaat air hangat untuk wajah, berikut ini kumpulan manfaat mencuci muka dengan air hangat, antara lain :

1.Mengobati jerawat

Salah satu gangguan kulit wajah yang sering dialami oleh kalangan remaja adalah jerawat. Gangguan kulit wajah ini terjadinya disebabkan oleh adanya kotoran dan debu yang menempel pada wajah. Kemudian menyebabkan pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan jerawat.

Untuk mengatasi jerawat dengan cara memastikan kulit wajah selalu dalam kondisi bersih. Seperti dengan rajin menuci muka dengan air hangat setiap saat. Dengan demikian, jerawat akan mengecil dan hilang dari kulit wajah dalam waktu singkat.

2.Menghilangkan komedo

Manfaat lain mencuci muka menggunakan air hangat adalah efektif untuk menghilangkan komedo yang terdapat di bagian wajah sekitar dagu, hidung dan dahi. Yang membuat timbulnya komedo banyak faktor antara lain malas membersihkan muka dan kulit yang berminyak.

Salah satu cara menghilangkan komedo pada wajah dengan rutin mencuci wajah memakai air hangat.

Manfaat Air Hangat untuk Wajah

Selain dapat digunakan untuk mencuci muka, air hangat juga bermanfaat untuk menyegarkan kulit wajah. Proses relaksasi kulit wajah lebih efektif dan efisien menggunakan air hangat sebagai bahan media pencucian muka.

Untuk melakukan proses relaksasi kulit, anda bisa melakukannya di rumah dengan mencuci muka menggunakan air hangat atau mengunjungi kolam pemandian air hangat khusus untuk relaksasi.

Yang namanya air sebagai sumber kehidupan manusia sangat bermanfaat sekali dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Khususnya air hangat yang digunakan untuk mencuci muka berkhasiat melenturkan otot muka yang tegang dan menyegarkan kembali kulit wajah yang kusam dan lesu.

Karena sifat yang dikandung air hangat yang dapat meningkatkan peredaran darah di wajah semakin lancar dan dapat melemaskan otot wajah. Hal ini membuat banyak klinik perawatan kecantikan wajah seringkali menjadikan air hangat sebagai bahan terapi untuk membersihkan wajah.

Manfaat air hangat untuk wajah sangat terbukti berkhasiat menghilangkan kulit wajah kering, mengatasi keriput, menghilangkan komedo dan jerawat serta gangguan kulit muka lainnya.

Apalagi jika ditambah dengan perawatan menggunakan masker dari rempah rempah dan buah-buahan. Yang membuat semakin bersih dan cerah wajah seseorang.

Manfaat Air Hangat Untuk Wajah Berjerawat

Apabila anda mengalami masalah wajah berjerawat maka anda bisa menggunakan terapi yang alami dan murah menggunakan air hangat. Caranya anda mencuci muka secara rutin memakai air hangat. Terutama menjelang tidur di malam hari.

Teknik ini terbukti bermanfaat mengatasi jerawat. Karena penggunaan air hangat dalam mencuci muka bisa menghilangkan noda dan kotoran yang menempel pada wajah sebagai sebab timbulnya jerawat.

Cara Membersihkan Wajah Dengan Air Hangat

Berikut ini cara membersihkan wajah dengan air hangat, antara lain :

1.Basuhlah kedua telapak tangan sampai bersih

2.Gunakanlah sabun pembersih muka untuk mencuci wajah

3.Bilaslah wajah dengan air hangat

4.Keringkan wajah menggunakan handuk yang super lembut dengan cara ditepuk tepuk pada muka. Handuk tersebut telah dicelupkan pada air hangat sebelumnya.

Manfaat Air Hangat Untuk Wajah Berminyak

Manfaat air hangat bukan hanya untuk merelaksasi otot dan kulit wajah, mengatasi wajah berjerawat dan membersihkan muka dari komedo. Tapi juga air hangat terbukti dapat mengatasi kulit berminyak pada wajah.

Dengan cara mengompres wajah berminyak menggunakan handuk yang dicelupkan pada air hangat yang telah dicampurkan dengan perasan air jeruk lemon. Sehingga kulit lebih kering dan minyak pada wajah sedikit berkurang.

Itulah beberapa manfaat air hangat untuk wajah yang bisa Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya ingin jadi lebih cantik bukan? Ayo segera praktekan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *