Ukuran Luas Lapangan Futsal | Gawang | Area Pinalti | Lengkap

Luas Lapangan Futsal – Anda pastinya sudah tidak asing lagi mendengar olahraga futsal. Popularitas permainan futsal semakin berkembang pesat seiring dengan banyaknya pertandingan futsal secara resmi antara negara, universitas, sekolah hingga kejuaraan futsal antar klub secara umum.

Bahkan popularitas semakin tinggi seiring berbagai pertandingan futsal disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi ternama di Indonesia yaitu MNCTV. Olahraga ini memerlukan dua buah tim berbeda. Yang di dalam satu tim terdiri dari lima pemain.

Peraturan olahraga futsal sama seperti olahraga sepakbola. Barangsiapa tim yang mencetak gol terbanyak maka dialah pemenangnya.

Namun yang membedakan olahraga futsal dan sepakbola sangat banyak. Salah satunya waktu yang digunakan untuk main futsal lebih pendek, jumlah pemain lebih sedikit, dan luas lapangan futsal lebih kecil.

Untuk ukuran luas lapangan futsal menurut standar AMF dan FIFA dikisaran 375 meter persegi sampai 1075 meter persegi.

Ukuran Luas Lapangan Futsal

luas lapangan futsal

Olahraga futsal berasal dari negara Uruguay tepatnya Montevideo. Dan semakin populer di negara ini yang puncaknya tahun 1930. Orang yang pertama kali mempopulerkan olahraga futsal adalah Juan Carlos Ceriani.

Olahraga yang peraturannya dimainkan oleh dua tim ini memerlukan sebuah lapangan sebagai sarana bermain.

Setiap tim mempunyai 5 anggota pemain yang terdiri dari gelandang, penyerang dan penjaga gawang. Selain itu, untuk menjaga pasokan pemain setiap tim diperbolehkan dengan mempunyai pemain cadangan.

Adapun ukuran luas lapangan futsal sudah ditentukan oleh federasi sepakbola futsal dunia dan FIFA yaitu panjang 25 meter sampai 43 meter.

Sedangkan kelebarannya sekitar 15 meter hingga 25 meter. Dengan ukuran lapangan yang lebih kecil membuat bermain futsal mempunyai tempo yang sangat cepat ketimbang olahraga sepakbola biasa.

Area Penalti Lapangan Futsal

luas lapangan futsal

Permainan futsal mendapatkan perhatian banyak orang di seluruh dunia sejak para pemain Brazil yang terkenal memainkan olahraga ini di pinggir pantai di alam terbuka.

Seiring dengan semakin banyaknya penggemar olahraga futsal dan menjamurnya berbagai pertandingan futsal skala lokal, nasional hingga internasional maka dibentuklah federasi dunia futsal bernama Federation Internationale de Football Association.

Federasi international futsal menetapkan area penalti lapangan futsal secara baku dalam bentuk dan ukuran panjang yakni :

1. Area penalti berbentuk busur dengan panjang 6 meter dari tiang gawang

2. Titik penalti berada di tengah lapangan dengan panjang 10 meter dari tiang gawang

3. Titik penalti kedua berukuran panjang enam meter dari tengah gawang

Gawang Lapangan Futsal

 

Olahraga futsal yang dipertandingkan pertama kali secara resmi di negara Paraguay tahun 1965 ini sama seperti permainan olahraga sepakbola yang mempunyai gawang terdiri dari tiang dan jala. Futsal memiliki ukuran gawang sesuai yang ditetapkan FIFA.

Untuk tinggi gawang futsal sebesar 2 meter. Sedangkan lebar gawang adalah 3 meter. Dengan bentuk gawang segi empat yang dijaga oleh seorang penjaga gawang.

Gawang lapangan futsal lebih kecil ketimbang gawang sepakbola biasa disesuaikan dengan luas lapangan yang kecil dan jumlah pemain lebih sedikit dari olahraga sepakbola.

Permukaan Lapangan Futsal

Permukaan lapangan futsal bisa berupa tembok lantai biasa maupun rumput sintetis buatan berwarna hijau yang tak abstraktif, rata dan sangat halus.

Hal ini sesuai standar nasional dan internasional. Sehingga membuat nyaman para pemain futsal selama berlangsung pertandingan.

Jika anda kesulitan dalam membuat permukaan lapangan futsal yang nyaman dan sesuai standar FIFA maka anda bisa menggunakan jasa kontraktor pembuatan lapangan futsal.

Daerah Tendangan Sudut

Sama seperti dalam olahraga sepakbola, futsal mempunyai peraturan dalam tendangan sudut yang sering disebut tendangan pojok atau corner kick.

Dimana area tendangan sudutdi futsal dilaksanakan di sudut lapangan. Tendangan sudut ini merupakan awal dimulainya pertandingan lagi. Proses terjadinya tendangan sudut di sebuah area karena bola melambung keluar di atas gawang.

Daerah tendangan sudut di futsal sama seperti sepakbola yang mempunyai titik untuk menyimpan bola bagi tendangan sudut.

Daerah Bebas

Tidak seperti olahraga sepakbola yang mempunyai peraturan offside. Dalam olahraga futsal tidak mengenal offside. Para pemain dapat bergerak bebas ke semua sisi lapangan. Tidak ada istilah daerah terlarang.

Semua bagian lapangan futsal yang berukuran 43 meter x 25 meter merupakan area bebas permainan. Para pemain bebas bergerak ke segala area untuk mencetak gol maupun bertahan.

Daerah Pergantian Pemain

Dalam olahraga futsal diperbolehkan adanya pergantian pemain ketika sedang berlangsung pertandingan. Adapun jumlah pemain pengganti yang bisa disiapkan sebanyak 7 orang. Penggantian pemain bisa dilakukan secara tak terbatas.

Bahkan pemain yang sudah masuk kemudian diganti maka dimasukkan lagi. Namun pergantian pemain tetap harus dilaksanakan secara tertib di daerah pergantian pemain yang berada di pinggir lapangan.

Lapangan Futsal Vinyl

Perkembangan olahraga futsal yang menjadi trend di tahun ini membuat sebagian pengusaha memanfaatkan peluang usaha yang menjanjikan dengan membuka bisnis penyewaan lapangan futsal perjam.

Hal yang paling penting dalam sebuah lapangan adalah jenis lantai atau permukaan yang digunakan. Mengingat ada banyak macam lantai lapangan futsal. Seperti permukaan lantai karpet rumput sintetis, lantai karpet polypropylene dan permukaan lantai vinyl.

Untuk lapangan futsal yang menggunakan lantai vinyl maka ketebalan lantai vinyl dipastikan sekitar 5 milimeter sampai 8 milimeter. Ada berbagai kualitas dan merk lantai vinyl bagi olahraga futsal. Misalkan lantai vinyl buatan china, Korea Selatan, dan Eropa.

Namun yang paling bagus kualitasnya adalah lantai vinyl buatan eropa yang sangat awet, lebih nyaman dan tahan lama sebanding dengan harganya yang mahal sekali. Sehingga bermain futsal di lapangan futsal vinyl lebih nyaman dan enak digunakan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *