Pilihan Kisah Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

Kisah Sahabat Nabi Yang Dijamin Masuk Surga – Masuk surga adalah cita-cita setiap muslim. Karena di dalam surga terdapat kesenangan yang sangat besar bagi penghuninya. Dimana di dalam surga terdapat bangunan dari istana, permadani, sungai yang mengalir dan bidadari cantik.

Kenikmatan di surga akan berlangsung secara terus menerus. Hal itu merupakan karunia dari Allah SWT atas jerih payah orang beriman dalam melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi laranganNya di dunia.

Kita tidak mengetahui secara pastinya seseorang masuk surga atau tidak. Kecuali dengan pengetahuan dari Allah SWT yang disampaikan pada Nabi Muhammad SAW.

Pada waktu beliau masih hidup, ada beberapa sahabat beliau yang dijamin masuk surga, antara lain Abu Bakar Ash Shidiq ra, Bilal Bin Rabah, Yasir bin Amr, Utsman Bin Affan, Ali Bin Abi Thalib, Umar Bin Khattab dan sejumlah sahabat lainnya.

Berikut ini hadits tentang sahabat yang dijamin masuk surga : Abdurrahman Bin ‘Auf telah berkata bahwasanya Rasulullah SAW telah bersabda :

”Abu Bakar masuk surga, Umar Bin Khattab masuk surga, Utsman Bin Affan masuk surga, Ali Bin Abi Thalib masuk surga, Thalhah Bin Ubaidillah ra masuk surga, Zubair bin Awwam masuk surga, Abdurrahman Bin Auf masuk surga, Sa’ad Bin Abi Waqqash masuk surga, Sa’id masuk surga dan Abu Mush’ab masuk surga.”

Kisah Abu Bakar As-Siddiq Singkat

kisah sahabat nabi yang dijamin masuk surga

Salah satu sahabat Nabi SAW yang dijamin masuk surga adalah Abu Bakar Siddiq ra. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy’ari bahwasanya pada suatu ketika beliau sedang berwudhu.

Kemudian Abu Musa Al Asy’ari keluar dan mengikuti Nabi Muhammad SAW untuk berangkat ke masjid. Ketika berada di masjid Abu Musa tidak mendapatkan Rasulullah SAW. Lalu ia bertanya kepada seseorang di dekatnya.

Kemana beliau? Orang tersebut menjawab bahwa Rasululah SAW keluar disebabkan adanya sebuah keperluan mendesak.

Lalu Abu Musa Al Asy’ari pun menyusulnya. Tampak beliau sedang memasuki kebun yang di dalamnya ada sumur bernama sumur Aris. Abu Musa Al Asy’ari lalu duduk di depan kebun sampai Nabi Muhammad SAW menyelesaikan keperluan.

Kemudian Abu Musa masuk dan mendapatkan Rasulullah SAW di atas sumur sedang duduk. Abu Musa Al Asyari mengucapkan salam. Lalu tiba-tiba ada seseorang yang mau memasuki kebun. “Siapa?”. Terdengar suara,”Abu Bakar.”

Lalu Abu Musa pun mendatangi Nabi Muhammad SAW dan mengatakan bahwa Abu Bakar As-Siddiq mau minta izin memasuki kebun.

Apakah ia diperbolehkan masuk atau tidak? Nabi Muhammad SAW berkata :”Perkenankan ia masuk kebun dan katakan pada dia bahwa ia merupakan salah satu penghuni surga.”

Kisah Umar Bin Khattab Singkat

kisah sahabat nabi yang dijamin masuk surga

Dalam sejarah awal perkembangan Islam pastinya nama Umar Bin Khattab tercatat dalam sejarah Islam dengan gemilang. Telah banyak jasa yang ia berikan pada awal masa masa perkembangan Islam. Salah satunya Umar Bin Khattab jadi salah seorang Khalifah kedua setelah Abu Bakar Siddiq.

Kepemimpinannya sangat tegas dan diakui sangat berkualitas bagus. Di masa kepemimpinannya, agama Islam mengalami masa kejayaan dengan memperluas wilayah kekuasaan, mendirikan banyak masjid, memutuskan kalender hijriah bagi umat Islam, mendirikan struktur pemerintahan yang kuat dan modern.

Ada banyak kelebihan dan keistimewaan dari pribadi Umar Bin Khattab. Ia terkenal memiliki perawakan tinggi tegap dengan otak jenius disertai sikapnya yang bijaksana dan cerdas. Pikirannya sangat tajam dan semua itu dibaktikan untuk agama Islam.

Pada saat kemunculan agama Islam, Umar Bin Khattab merupakan penentang keras agama Islam yang paling ditakuti umat Islam saat itu.

Namun seiring berjalan waktu, sejak ia mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an hatinya menjadi luluh lantak. Kebenaran telah masuk ke dalam jiwanya hingga ia memutuskan menjadi muslim.

Umar adalah orang pertama yang secara terang terangan masuk agama Islam kala itu. Sejak itulah, Umar Bin Khattab ra yang asalnya penolak agama Islam yang sangat ekstrim berubah menjadi pengikut setia Islam sampai akhir hayatnya.

Dan Umar Bin Khattab pun akhirnya termasuk dalam daftar 100 orang yang paling berpengaruh sepanjang masa di dunia. Urutan pertama tentu saja Rasulullah SAW.

Kisah Utsman Bin Affan Lengkap

kisah sahabat nabi yang dijamin masuk surga

Inilah salah satu sahabat nabi Muhammad SAW yang mempunyai kedudukan tinggi dalam Islam. Sebagaimana telah disabdakan oleh Rasulullah SAW : “Orang yang paling penyayang adalah Abu Bakar as Siddiq.

Yang paling tegas dalam menegakkan Islam diantara umatku adalah Umar Bin Khattab. Dan orang yang paling pemalu diantara umatku yaitu Utsman Bin Affan.” Telah banyak tenaga, waktu dan uang yang beliau keluarkan demi kejayaan agama Islam.

Utsman Bin Affan dikenal juga si pemilik dua cahaya atau dzun nurain. Disebut demikian sebab ia pernah menikahi 2 putri Rasulullah SAW yang mulia yakni Ruqayyah dan Ummi Kultsum ra.

Biografi Utsman Bin Affan

Beliau dilahirkan pasca kejadian penyerangan Abrahah terhadap Kabah di Mekah. Beliau mempunyai nama lengkap yakni Utsman bin Affan bin al ‘Ash bin Umayyah bin Abdus Syams bin abdul manaf bin Qushay bin kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luay Bin Ghalib.

Dari namanya saja tampak jelas bahwa ia keturunan bangsawan dan pemimpin quraisy.  Selain itu, ada 146 hadits yang telah diriwayatkan dari Utsman Bin Affan.

Utsman Bin Affan ra mempunyai banyak keistimewaan dan kelebihan. Seperti salah seorang sahabat yang pertama-tama masuk Islam atau Assabiqunal awwalun. Ia memeluk agama Islam selepas diajak oleh Abu Bakar As-Siddiq, sahabatnya.

Utsman bin Affan menjadi Khulafaur rasyidin ketiga selepas terbunuhnya Umar Bin Khattab. Berdasarkan sebuah riwayat, penampilan Utsman Bin Affan ra tak pendek dan tak tinggi. Tapi sedang-sedang saja. Postur tubuhnya semampai. Wajah Utsman terlihat putih kemerahan dengan sangat rupawan.

Kisah Ali Bin Abi Thalib

Dalam buku sejarah Islam nama Ali Bin Abi Thalib ra tercatat dalam tinta emas. Beliau merupakan salah seorang sahabat Nabi SAW yang dijamin masuk surga dan Khulafaur Rasyidin keempat setelah Utsman Bin Affan ra yang terbunuh ketika membaca al Qur’an.

Sama seperti sahabat lainnya yakni Abu Bakar As Siddiq, Umar Bin Khattab, dan Utsman bin Affan maka pribadi Ali Bin Abi Thalib mempunyai keistimewaan terutama dari segi kecerdasan, kebijakan dan semangat juangnya yang sangat tinggi dalam menegakkan agama Islam.

Ada banyak kisah teladan Ali Bin Abi Thalib dalam sejarah. Dan telah banyak pula kata mutiara atau quotes yang disampaikan Ali Bin Abi Thalib ra.

Salah satu kata bijaknya adalah “Sesungguhnya menuruti hawa nafsu bisa membuat seseorang melupakan akhirat, panjang angan-angan dan menghambat seseorang berbuat kebenaran”.

Pada saat kepemimpinan beliau sedang marak kemunculan kelompok kaum Khawarij yang banyak menumpahkan darah umat Islam.

Kisah Teladan Thalhah Bin Ubaidillah

Salah seorang sahabat lainnya yang dijamin masuk surga oleh Rasulullah SAW adalah Thalhah Bin Ubaidillah. Siapa dia? Beliau merupakan seorang pria selalu menepati janji, jujur, dermawan dan pemurah.

Pengorbanan yang ia keluarkan demi kejayaan agama Islam telah banyak dilakukannya. Dalam hal materi, tenaga, waktu dan perjuangan. Thalhah Bin Ubaidillah termasuk dalam golongan assabiqunal awwalun atau orang yang mula masuk Islam.

Selepas memeluk agama Islam dengan membaca dua kalimah syahadat di hadapan Rasulullah SAW, Abu Bakar dan Thalhah Bin Ubaidillah berangkat pergi. Ketika dijalan ia dicegat oleh kelompok kaum quraisy yang dipimpin Nofel bin Khuwailid yang sangat bengis dan kejam.

Kemudian Abu Bakar dan Thalhah diikat dan kemudian mendapatkan berbagai siksaan dan pukulan. Namun semua itu tidak menyurutkan mereka dalam memegang teguh agama Islam.

Itulah beberapa kisah sahabat nabi yang dijamin masuk surga. Semoga kisah-kisah di atas bisa menjadi inspirasi kita.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *