Jenis Gatal Pada Kulit, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Jenis Gatal Pada Kulit – Untuk hidup sehat bukanlah perkara mudah. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk menuju kehidupan yang sehat, antara lain pola makan yang benar, gaya hidup yang benar dan lingkungan yang terjaga kebersihan.

Salah satu dampak buruk dari pola hidup dan lingkungan yang tak sehat adalah timbulnya gatal. Gatal bisa disebabkan oleh alergi terhadap suatu makanan maupun gigitan binatang tertentu. Seperti nyamuk.

Bagaimana rasanya gatal? Tentu gatal tidak bisa dilihat secara fisik namun hanya bisa dirasakan. Jika kulit gatal pastinya tangan kita akan spontan untuk menggaruk bagian tubuh yang gatal. Rasanya sangat nyaman ketika menggaruknya.

Namun jika berlebihan dalam menggaruk bagian kulit yang gatal bisa mengakibatkan kulit lecet atau terluka. Oleh sebab itu, dalam cara menggaruk kulit yang gatal harus dilakukan sehalus mungkin agar tidak melukai kulit.

Dampak Buruk dari Gatal pada Kulit

jenis gatal pada kulit

Banyak orang yang mengalami gatal kemudian menggaruknya secara keras hingga mengakibatkan kulit merah dan menjadi infeksi dan iritasi pada kulit. Hal tersebut bukannya menyelesaikan persoalan gatal tapi menambah persoalan baru akibat gatal.

Dari akibat infeksi gatal tersebut bisa melahirkan macam-macam penyakit kulit yang berbahaya dan baru seperti kulit bernanah. Maka berhati-hatilah jangan sampai menggaruk secara berlebihan pada kulit. Apalagi kuku tangan anda dalam kondisi kotor dan mengandung kuman penyakit.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin dalam menjalani kehidupan anda usahakan seminimal mungkin anda merasakan gatal. Yang bisa menimbulkan infeksi kulit.

Salah satunya menghindari penyebab kulit gatal. Ada banyak yang menjadi pencetus kulit gatal antara lain : alergi obat-obatan, sinar matahari, sengatan serangga, alergi makanan dan bahan kimia.

Jenis Gatal Pada Kulit Anak

jenis gatal pada kulit

Penyakit gatal pada kulit tidak mengenal kalangan tertentu. Semua orang baik anak-anak, bayi, remaja, laki-laki dewasa dan perempuan bisa mengalami yang namanya gatal pada kulit.

Begitupula pada anak-anak yang masih kecil. Pada umumnya anak-anak menderita gatal pada kulit diakibatkan oleh alergi terhadap makanan yang ditandai dengan kulit berwarna merah dan sangat gatal. Hal tersebut tentu bisa mengganggu sekali kegiatan sang anak sehari-hari.

Ada banyak penyebab jenis penyakit kulit pada anak yang membuat kulit anak menjadi gatal. Salah satu alergi terhadap makanan. Ada anak yang menjadi alergi kulit jika makan makanan tertentu.

Seperti selepas makan kacang tanah, kedelai, gandum, telur dan susu. Dimana kulitnya menjadi merah dan gatal. Yang beraikbat sang anak menggaruk-garuk kulit dalam beberapa kurun waktu.

Dan sebagian lagi ada anak yang alergi gatal terhadap lingkungan. Misalnya kulit menjadi gatal, membengkak dengan warna merah akibat kedinginan atau tungau debu rumah. Hal itu bisa diakibatkan dari imunitas kulit yang kurang, keturunan dan lingkungan.

Oleh sebab itu, untuk mencegah penyakit jenis gatal pada kulit anak maka sang buah hati hendaknya dijauhkan dari beberapa pencetus penyakit gatal baik dari segi makanan, lingkungan maupun bahan kimia.

Untuk benda dan bahan kimia yang berpotensi menimbulkan gatal pada anak, antara lain: Bahan pembersih lantai, detergent, debu semen, zat pewarna pakaian, kalung, cat rambut, anting, obat oles, karet gelang, dan lain sebagainya.

Jenis Gatal Pada Kulit Bayi

jenis gatal pada kulit

Penyakit gatal pun dapat menyerang bayi. Bayi termasuk kelompok umur yang rentan sekali terjadinya penyakit gatal pada kulit.

Disebabkan anatomi kulit bayi yang masih sensitif dan beda dengan anatomi kulit orang yang sudah dewasa. Kulit pada bayi merupakan benteng pertahanan pertama bagi bayi dalam menanggulangi penyakit dan bakteri yang datang.

Pada umur satu tahun ke bawah maka usia ini sangat rentan bagi bayi terkena sakit gatal. Disebabkan jaringan kulit belum terbentuk secara baik dan sangat minim pigmen.

Kulit bayi sangat tipis, halus dan lemah. Sehingga memerlukan perhatian khusus untuk mencegah terjadinya gatal-gatal pada kulit bayi. Di usia dua tahun berikutnya maka kulit bayi akan terbentuk secara sempurna sehingga dapat berfungsi secara baik.

Salah satu ciri jenis gatal pada kulit bayi adalah terjadinya kulit yang radang, memerah dan bengkak. Hal tersebut biasanya akibat alergi maupun aspek tertentu. Berikut ini salah satu jenis penyakit gatal pada kulit bayi yaitu intertrigo.

Sebuah penyakit gatal yang ditimbulkan dari lipatan tubuh bayi yang menyebabkan jadi lembab. Misalkan di bagian perut, bawah payudara, ketiak, dan paha bagian dalam.

Pada bagian ini kulit bayi yang lembab menjadi gatal dan kemerahan. Jenis gatal kulit ini biasanya dialami oleh bayi yang memiliki badan gemuk. Untuk mengobatinya dengan cara mengoleskan krim petroleum jelly.

Jenis Gatal Pada Kulit, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Kulit merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Karena kulit merupakan penghalang maupun pertahanan pertama sebelum bakteri dan virus penyakit masuk ke dalam tubuh manusia. Kulit membungkus seluruh bagian dalam organ manusia.

Mengingat pentingnya kulit bagi manusia, maka sudah seharusnya kita menjaga dan merawat kulit secara sehat dan baik. Jangan sampai kulit menderita sakit seperti gatal dan imunitas menurun yang dapat mengganggu aktifitas manusia sehari-hari.

Salah satu gejala yang dialami oleh kulit adalah adanya penyakit gatal. Yang kemudian digaruk menimbulkan iritasi, ruam merah dan menjadi sakit atau lecet.

Kalau anda mengalami rasa gatal pada bagian tubuh tertentu maka anda harus bisa mengobatinya secara benar dan baik. Dengan cara tidak menggaruk secara berlebihan. Tapi memberikan obat anti gatal dengan cara dioleskan.

Berikut ini beberapa jenis gatal pada kulit, penyebab dan cara mengobatinya, antara lain :

1.Hives

Jenis gatal yang sering disebut bilur atau urtikaria. Tanda Hives ini diwarnai dengan bintik merah pada kulit disertai gatal dan mempunyai benjolan. Rasa gatal membuat sangat nyaman untuk digaruk secara terus menerus. Namun setelah itu rasa gatal hilang dalam rentang waktu tertentu.

Kemudian beberapa jam kemudian akan tumbuh benjolan baru yang gatal. Lalu hilang kembali. Jenis gatal ini bisa berlangsung selama 6 minggu. Adapun yang menjadi penyebabnya Hives adalah infeksi, obat-obatan, stres, kekebalan tubuh yang menurun dan alergi.

2.Ruam

Jenis gatal berikutnya adalah ruam. Yaitu suatu kondisi kulit yang bergelombang, membengkak dengan warna merah yang terasa sangat gatal. Setelah digaruk tampak kulit berkeran atau bersisik. Adapun yang menjadi penyebab timbulnya jenis gatal ruam adalah alergi terhadap bahan tertentu misalkan bahan kimia, poison ivy dll.

Jika anda menderita gatal ruam seperti ciri-ciri di atas jangan langsung menggaruk secara keras. Karena bisa mengakibatkan infeksi. Untuk mengobatinya dengan cara mengoleskan salep anti gatal.

Cara Mengobati Penyakit Gatal Pada Kulit

Ada berbagai cara dalam mengobati penyakit gatal pada kulit manusia yaitu dengan cara alami maupun cara medis. Namun yang banyak dilakukan orang di jaman modern saat ini menggunakan pengobatan secara medis dan ilmiah.

Salah satu jenis gatal yang sering menghinggapi manusia adalah Xerosis yaitu suatu jenis gatal pada kulit yang diakibatkan kulit yang kering.

Oleh sebab itu, untuk mengobati gatal pada kulit yang kering maka anda harus melakukan perubahan dalam pola hidup. Misalkan memakai salep atau lotion sehabis mandi yang membuat kulit lembab dan mampu menghilangkan rasa gatal.

Bagi anda yang menderita jenis gatal dengan tanda kulit bercak bulat dan pipih akibat virus atau bakteri maka anda bisa mengobatinya dengan mengoleskan obat penyakit kulit atau salep obat anti jamur dan gatal yang dianjurkan oleh dokter.

Demikianlah jenis gatal pada kulit, penyebab dan cara mengobatinya. Semoga para pembaca dapat memahami dan mengenal berbagai jenis gatal di kulit dan mampu mengatasinya secara baik dan benar tanpa efek samping.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *