Pengertian Iskemik | Penyebab | Pencegahan | Pengobatan

Iskemik Adalah – sebuah kondisi seseorang yang aliran darahnya tersumbat. Sehingga mengakibatkan sejumlah sel otot mengalami kekurangan pasokan darah.

Hal ini sangat berbahaya dan mengancam jiwa manusia itu sendiri mengingat pasokan darah sangat diperlukan untuk manusia bisa hidup secara normal.

Dari sinilah jelas, yang menjadi penyebab penyakit iskemik adalah tersumbatnya saluran darah pada tubuh manusia.

Yang mengakibatkan tubuh manusia mengalami kekurangan oksigen. Penyakit iskemik ada banyak macam ragam dan jenisnya antara lain : iskemik jantung, iskemik stroke, istemik miokard, dan lain-lain.

Penyebab Dari Penyakit Iskemik Adalah

iskemik adalah

Adapun yang menjadi penyebab dari timbulnya penyakit iskemik, antara lain :

1. Kepribadian yang sangat ambisius, agresif maupun kompetitif

2. Pemakaian alat kontrasepsi oral

3. Depresi atau rasa stres

4. Inaktifitas fisik

5. Kegemukan

6. Menderita diabetes mellitus atau gula darah yang tinggi

7. Kebiasaan buruk merokok

8. Mempunyai tekanan darah tinggi

9. Memiliki penyakit kolesterol darah sangat tinggi

10. Berjenis kelamin laki-laki lebih rentan terkena iskemik

11. Bertambahnya umur

12. Mempunyai riwayat keluarga yang terkena iskemik

Pengertian dan Penjelasan Stroke Iskemik Adalah

iskemik adalah

Penyakit stroke iskemik adalah sebuah penyakit yang terjadi diakibatkan adanya gangguan dan sumbatan pada aliran darah yang menuju otak. Yang membuat otak terhenti mendapatkan pasokan darah beserta oksigen dan energi.

Berakibat sel sel pada otak menjadi tak berfungsi dan mati. Ada beberapa jenis penyakit stroke iskemik adalah dari yang ringan hingga yang berat.

Adapun penyakit stroke iskemik ada beberapa jenis, antara lain  :

1. Stroke trombosit

Yaitu penyumbatan darah yang terjadi di daerah pembuluh darah yang besar di sekitar otak. Yang membuat otak kekurangan oksigen.

Penyumbatan disebabkan adanya plak atau gumpalan yang membeku sehingga menutupi saluran jaringan darah hingga ke otak. Stroke iskemik trombosit paling sering diderita oleh para penderita penyakit stroke.

2. Stroke lakunar

Penyumbatan darah dialami di pembuluh darah kecil di otak. Pemicu terjadinya stroke iskemik lakunar adalah penyakit kencing manis maupun hipertensi kronis.

3. Stroke Iskemik Emboli Selebral

Sebuah jenis penyakit stroke iskemik yang terjadi penyumbatan diakibatkan oleh bekuan darah atau gumpalan darah yang dibawa jantung.

Lalu gumpalan darah terbawa kembali hingga ke otak. Selanjutnya di otak terjadi penyumbatan akibat bekuan darah tersebut.

Gejala Penyakit Stroke Iskemik

iskemik adalah

Orang yang mengalami penyakit stroke iskemik dapat dilihat dari ciri-ciri fisik awalnya, antara lain :

1. Suka nyeri dada laksana ditusuk-tusuk, ditekan, diremas-remas maupun seperti terhimpit benda yang sangat berat. Rasa sakit dada tersebut menyebar ke bahu, dagu dan leher.

2. Merasakan peningkatan tekanan denyut nadi dan darah tinggi

3. Mempunyai kulit yang dingin dan tampak pucat

4. Selalu berdebar-debar dan mengeluarkan keringat dingin

5. Suka sakit kepala dan pusing. Yang terkadang membuat dirinya koma dan tak sadarkan diri.

6. Sering mengalami  kelesuan secara drastis, sesak napas, mual dan mau muntah

7. Mengalami kelumpuhan pada anggota badan seperti tungkai, lengan maupun sebagian anggota tubuh

8. Sering mengalami gangguan penglihatan seperti mata kabur salah satunya maupun keduanya

9. Mengalami hambatan dalam makan makanan padat maupun minum cairan

10. Mengalami gangguan ingatan dan bicara

Setelah mengetahui gejala, ciri dan tanda penyakit iskemik tersebut maka langkah terbaik adalah segera memeriksakan diri ke dokter.

Mengingat penyakit ini sangat berbahaya jika dibiarkan berlanjut tanpa penyembuhan cepat yang dilakukan. Apabila sobat mengalami gejala di atas, untuk pengecekan dan penyembuhan  sedini mungkin bisa menghubungi dokter setempat.

Penyakit Jantung Iskemik

Pengertian penyakit jantung iskemik yang lebih dikenal penyakit arteri koroner adalah sebuah keadaan yang dialami seseorang dimana terjadinya gangguan jantung sangat kronis dan perlu ditangani secara cepat.

Berdasarkan sebuah survey dari lembaga kedokteran ternama di dunia bahwa penyakit jantung iskemik adalah jenis penyakit jantung yang paling banyak diderita orang di seluruh dunia. Penderita penyakit jantung iskemik diperkirakan sekitar jutaan orang di dunia.

Penyakit jantung iskemik sama seperti penyakit stroke iskemik yang dialami seseorang disebabkan adanya penyempitan jaringan darah (koroner).

Sehingga jantung tidak mendapatkan pasokan oksigen dan darah yang mencukupi. Yang membuat timbul penyakit jantung iskemik.

Perlu diketahui, jantung merupakan organ penting bagi manusia. Jantung bekerja keras setiap hari secara terus menerus. Sehingga membutuhkan pasokan oksigen dan makanan yang memadai untuk bisa memompa semua aliran darah ke semua organ tubuh manusia.

Berdasarkan survey dari lembaga riset terkenal, di tanah air penyakit jantung iskemik adalah penyakit yang berada di urutan pertama penyebab kematian. Dari tahun ke tahun penderita penyakit jantung iskemik di Indonesia terus bertambah besar.

Penyakit ini akan memicu serangan penyakit stroke dan jantung yang mengancam jiwa manusia. Penyumbatan aliran darah pada jantung yang menyebabkan timbulnya penyakit ini.

Penyebab Penyakit Jantung Iskemik

Adapun yang menjadi penyebab penyakit jantung iskemik, antara lain :

1. Merokok

2. Mempunyai riwayat penyakit diabetes mellitus dan hipertensi

3. Mempunyai kadar kolesterol tinggi dalam tubuh

4. Suka makan makanan yang banyak garam dan berminyak

5. Kondisi depresi atau stres

6. Obesitas atau mempunyai kelebihan berat badan

7. Jarang berolahraga atau jarang bergerak

8. Kurang beristirahat yang cukup

Cara Mencegah Penyakit Jantung Iskemik

Untuk mencegah penyakit jantung iskemik adalah sebenarnya sangat mudah. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan, antara lain : menghindari makanan yang mengandung kolesterol jahat atau lemak yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Selain itu, untuk melakukan pencegahan penyakit jantung iskemik dapat dilakukan dengan cara rajin berolahraga, menghindari minuman beralkohol dan tidak merokok.

Patofisiologi Stroke Iskemik

Penyakit stroke iskemik timbul pada tubuh manusia dikarenakan adanya gumpalan darah beku yang menyumbat aliran darah ke dalam otak. Gumpalan darah yang menyumbat tersebut bisa berupa lemak beku yang mengendap lama secara terus menerus hingga membesar.

Disebabkan kerapkali mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol dan lemak tinggi. Penyumbatan tersebut membuat otak tak memperoleh pasokan energi dan oksigen yang memadai.

Dengan tidak adanya pasokan energi pada otak mengakibatkan sel-sel pada otak menjadi mati. Yang akan berlanjut pada kelumpuhan bagian sisi tubuh manusia.

Kerusakan sel otak akan merembet ke kerusakan pada organ jaringan tubuh lainnya. Yang lebih parah membuat penderita sakit stroke iskemik adalah mengalami koma atau tak sadarkan diri.

Untuk menyembuhkan penyakit stroke iskemik harus dilakukan secara cepat. Dengan langsung membawanya ke klinik kesehatan maupun rumah sakit terdekat.

Supaya ditangani secara cepat dan serius oleh dokter. Biasanya dokter akan memberi obat berupa antikoagulan untuk menghilangkan terjadinya pembekuan darah yang menyumbat pasokan darah ke dalam otak.

Terapi Stroke Iskemik

Bagi anda atau ada keluarga anda yang menderita penyakit stroke iskemik adalah jangan sedih dan pesimis. Penyakit ini masih bisa disembuhkan. Untuk menyembuhkan penyakit ini bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satunya menggunakan terapi askep stroke iskemik dan terapi stroke iskemik adalah secara fisik. Obat untuk menyembuhkan stroke iskemik adalah mengandung zat proxeronine banyak dijual dipasaran dengan harga terjangkau.

Dengan minum obat stroke iskemik berupa Nitrogliserin maka sel otak akan diperbaiki lagi sehingga bisa berfungsi seperti sedia kala. Dan penyumbatan akan terbuka lebar yang membuat pasokan oksigen bisa tersalur ke dalam otak.

Namun jika masih menderita rasa sakit akibat sakit stroke iskemik maka dokter bisa langsung memberikan obat be adrenergik. Yang dapat memicu keseimbangan oksigen dalam otak.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *