Kumpulan Doa Untuk Anak Sakit Serta Adab Melakukannya

Doa Untuk Anak Sakit – Sakit merupakan lawanan kata dari sehat. Dalam kehidupan sehari-hari pastinya kita akan menghadapi dua hal yakni sehat dan sakit. Tidak selamanya seseorang hidup sehat wal a’fiat tapi ada kalanya seseorang menderita sakit disebabkan suatu penyakit.

Apalagi bagi anak-anak yang rentan mengalami sakit. Jika anak anda saat ini sedang sakit jangan terlalu berlama-lama dibiarkan terus tanpa ikhtiar penyembuhan. Anda bisa melakukan berbagai upaya untuk mengobati penyakit yang anak anda derita sampai sembuh total.

Agama Islam menuntun setiap muslim agar selalu rajin berdoa. Sebagaimana sebuah hadits yang menyatakan bahwa doa adalah ibadah dan doa adalah inti agama. Hal ini tak terlepas dari setiap ibadah pastinya akan diiringi doa.

Doa adalah sebuah permintaan yang diajukan seorang muslim kepada Allah SWT. Dan Allah SWT akan mengabulkan doa setiap hambaNya jika ia terlebih dahulu melaksanakan perintah Allah dan menjauhi laranganNya.

Banyak sekali manfaat doa dalam kehidupan sehari-sehari sebagaimana yang biasa dilakukan oleh Rasulullah SAW. Salah satunya menggunakan doa untuk anak yang sedang sakit.

Dengan berdoa untuk kesembuhan anak sakit maka secara tak langsung Allah SWT akan memperkenankan doa tersebut dan akan mensugesti anak supaya cepat sehat.

Doa Untuk Buah Hati Yang Sedang Sakit

doa untuk anak sakit

Apabila anak menderita sakit maka sebagai orangtua pastinya kita akan melakukan berbagai upaya untuk merawat anak secara baik dan benar. Wajah anak yang sedang sakit akan sangat kasihan dengan muka pucat dan tak semangat.

Apalagi jika sakit yang ia derita termasuk jenis penyakit berat. Jika hal tersebut terjadi pada anak anda maka anda harus melakukan berbagai cara penyembuhan terhadap penyakit tersebut.

Seperti dengan membawa sang buah hati ke klinik kesehatan, dokter praktek, rumah sakit, puskesmas dan balai pengobatan lainnya.

Hal yang tidak boleh dilepaskan setelah berikhtiar mendatangi klinik kesehatan, puskesmas dan rumah sakit terdekat adalah melakukan ucapan doa untuk anak yang sedang sakit.

Mudah-mudahan sang buah hati cepat sembuh dari penyakit berat atau ringan yang dideritanya. Dan semoga sakit yang ia terima sebagai ladang pahala baginya atas kesabaran yang telah dilakukannya.

Adab Berdoa Untuk Anak yang Sedang Sakit

Untuk melakukan doa bagi anak yang sedang sakit supaya cepat sembuh memiliki adab-adab dalam berdoa. Berikut ini adab berdoa untuk anak yang sedang sakit, antara lain :

1. Berwudhu

Dengan berwudhu maka jasmani kita terbebas dari najis dan kotoran sehingga lebih diijabah terkabulkannya doa.

2. Mengucapkan doa dengan suara yang pelan

Untuk mengucapkan doa bagi anak yang sedang sakit panas, pilek atau demam agar cepat sembuh tidak perlu terlalu keras. Namun suaranya sedang-sedang saja dengan intonasi rendah. Hal ini karena Allah Maha Mendengar doa dan akan lebih mudah diijabah oleh Allah SWT.

3. Waktu dan tempat ijabah

Jika anda ingin doa untuk kesembuhan buah hati anda cepat diijabah maka anda harus berdoa ketika saat-saat terkabulnya doa yakni.

Di waktu sedang sujud melaksanakan sholat, ketika hujan lebat sekali, berdoa pada saat teraniaya, berdoa diantara dua khutbah, berdoa di maqom Ibrahim, berdoa di sepertiga malam terakhir dll.

4. Meyakini sang anak akan cepat sembuh

Kesembuhan berasal dari Allah SWT bukan dari obat atau dokter. Tapi pada dasarnya yang bisa menghilangkan penyakit dari anak adalah Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam sebuah hadits qudsi bahwa Aku sesuai dengan persangkaan hambaKu. Selama berbaik sangka pada Allah SWT pasti sakit anak akan cepat sembuh.

Doa Untuk Anak Sakit Batuk Pilek, Panas Dan Muntah

Rasulullah SAW mencontohkan bagaimana doa anak sakit panas dan batuk serta pilek. Supaya penyakitnya lekas sembuh. Berikut ini lafal doa untuk anak sakit batuk pilek, panas dan muntah yakni :

Allahumma Robbannaasi Muzhibal Baasisyfi AntaSyafii La Syafiya Illa Anta. Syifaan laa yughoodiru saqomaa.

“ Ya Allah Tuhan sekalian manusia, singkirkanlah penyakitnya dan sembuhkanlah dia. Sebab hanya Engkau yang bisa menyembuhkan penyakitnya. Tak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari Engkau. Sebuah kesembuhan yang tak kumat lagi.”

Itulah kumpulan doa untuk anak sakit serta adab ketika melakukannya. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *