Kumpulan Doa Pulang Umroh dan Amalan yang Dianjurkan

Doa Pulang Umroh – Ibadah umroh yang disebut juga haji kecil merupakan salah satu amalan ibadah yang mempunyai kedudukan tinggi dalam Islam. Hampir mirip dengan ibadah haji yang tempat pelaksanaannya di tanah suci Mekah, ibadah umroh mempunyai kelebihan.

Umroh dapat dilakukan setiap waktu, biaya melakukan perjalanan umroh lebih murah ketimbang biaya ongkos naik haji.

Selain itu, perbedaan umroh dan haji adalah dari segi waktu. Dimana pelaksanaan ibadah haji yang harus ditentukan waktunya. Sedngkan umroh bebas kapanpun waktunya.

Berdasarkan data, jumlah orang yang berumroh di Mekah Al Mukarromah sangat banyak. Apalagi saat musim haji yang pastinya membuat kota suci Mekah disesaki para jemaah haji dan umroh.

Doa Pulang Umroh

doa pulang umroh

Orang yang melaksanakan ibadah umroh secara khuyuk di tanah suci pastinya akan mengisi dengan berbagai kegiatan ibadah selama melakukan ibadah umroh seperti shalat malam, berdoa dan lain sebagainya.

Namun setelah serangkaian ibadah umroh selesai dilakukan selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk pulang ke tanah air.

Bagi orang awam pastinya akan kebingungan setelah kembali ke tanah air sepulang umroh. Doa apa saja yang harus dibaca ketika pulang umroh? Sebenarnya doa pulang umroh sama halnya doa ketika pulang haji atau safar.

Doa sepulang safar bisa dibacakan ketika pulang umroh sebagaimana Rasulullah SAW mencontohkannya dalam beberapa hadits sahih.

Dengan menggunakan pesawat terbang tak terasa sudah sampai di tanah air. Tampak kota tempat tinggal rumah.

Saat inilah waktu tepat untuk membaca doa pulang umroh di pesawat yaitu : “Aayibuunat taaibuun ‘aabiduuna lirobbinaa haamiduun. Dalam arti : “Ya Allah, Orang-orang yang kembali, melakukan taubat, hanya pada Allah kami memuji.”

Amalan Pulang Umroh

ayat tentang haji

Adapun amalan yang dianjurkan sepulang dari umroh, antara lain :

1. Melaksanakan sholat sunat safar

Melaksanakan sholat sunat safar sebanyak dua rakaat di masjid terdekat. Tata cara melaksanakan sholat sunat ini dikerjakan secara munfarid atau sendirian tanpa bacaan khusus dan tak disunnahkan berjamaah.

Sholat ini dikerjakan sepulang umroh dan sebelum tiba di rumah. Dengan sholat di masjid terdekat yang biasa digunakan untuk shalat berjamaah.

2. Bertemu Keluarga

Berjumpa dengan anggota keluarga dan sanak kerabat dengan penuh senyum dan kebahagiaan. Sebagaimana sebuah hadits mengatakan bahwa senyum seorang muslim kepada seorang muslim lainnya adalah ibadah.

3. Mendoakan tamu

Selepas pulang umroh dan tiba di rumah pastinya akan banyak tamu yang datang. Biasanya dari kalangan tetangga, sanak kerabat dan anggota keluarga lainnya.

Mereka mengunjungi rumah kita untuk bertamu sekaligus mengucapkan doa : “Taqabbalallahu sa’yaka wa a’dzama ajraka wa akhlafa nafaqataka.” Dengan arti, semoga Allah SWT menerima usahamu dan melipatgandakan pahalamu serta mengganti nafkahmu.”

Dan kita sebagai orang yang pulang umroh bisa mengaminkan. Dan mendoakan tamu undangan dengan untaian doa semoga mereka bisa diberikan kemampuan oleh Allah SWT untuk menunaikan ibadah umroh pula. Amin.

4. Memotivasi orang lain untuk melakukan umroh

Setelah melaksanakan umroh di tanah suci dan kembali ke tanah air pastinya kita akan mendapatkan berbagai pengalaman selama menjalani ibadah umroh.

Pengalaman spiritual mengenai kebesaran Allah SWT di tanah suci Mekah. Dan itulah cerita yang bisa kita sampaikan kepada tamu yang hadir. Memberikan nasihat dan pengalaman yang memotivasi para tamu untuk melakukan ibadah umroh dan haji.

5. Berbuat kebajikan

Sepulang ibadah umroh di tanah suci biasakan untuk melakukan kebajikan di kampung halaman. Seperti melakukan banyak ibadah. Misalkan puasa sunat, shalat tahajud, shalat sunat, tilawatil quran, banyak bersedekah dll.

Selain itu, rajin membagikan makanan dan minuman khas kota suci Mekah. Seperti kurma, zamzam, kacang, sajadah, mukena dan lain sebagainya. Bila kebiasaan baik ini terus dilakukan setiap hari maka bisa disebut umrohnya di terima dengan baik oleh Allah SWT dan mendapatkan predikat haji mabrur.

Itulah doa pulang umroh dan amalan-amalan yang sebaiknya kita lakukan ketika atau sudah pulang umroh. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita untuk persiapan umrah kelak.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *