Kumpulan Doa Pulang Haji yang Perlu Anda Ingat

Doa Pulang Haji – Labbaik Allaahumma Labaik. Labbaik Laa Syariikalak labaik. Innalhamda wanni’mata laka wal mulk la syariika labbaik. Ya Allah kami memenuhi panggilanMu ya Allah. Kata-kata talbiyah yang menjadi ciri khas lafad dalam pelaksanaan ibadah haji.

Begitu indah dan syahdu ketika diucapkan dan terdengar di angkasa raya. Ditengah jutaan jamaah haji yang melaksanakan rukun Islam yang kelima dengan khidmat dan sungguh-sungguh.

Seiring berjalan waktu, pelaksanaan ibadah haji selesai dilaksanakan. Selanjutnya melaksanakan perjalanan pulang ke tanah air.

Yang menjadi bahan pertanyaan saat ini adalah apakah ada doa pulang haji sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW?

Berdasarkan keterangan dari al hadist ada banyak contoh doa khusus sepulang ibadah haji. Namun doa pulang haji bisa juga disamakan sebagaimana doa setelah pulang safar.

Adab Pulang Haji

Swi Bundariani Nama Pequrban Sulistyo Hernowo

Berikut ini beberapa adab sepulang haji, antara lain :

1. Pulang haji tidak tergesa-gesa

Setelah selesai melaksanakan ibadah haji maka anda bisa berkemas-kemas terlebih dahulu. Jangan sampai ada barang yang tertinggal. Pulang haji dilakukan secara seksama dan selepas terselesaikan segala urusan di sana.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: “Safar merupakan bagian yang melelahkan, menghalangi seseorang untuk minum, makan, tidur secara nyaman. Sebab itu, jika kalian sudah menyelesaikan segala urusan maka segeralah untuk pulang mendatangi keluarga di rumah.” (HR Bukhari Muslim yang bersumber dari Abu Hurairah ra).

2. Memberitahukan kepulangan dari tanah suci kepada keluarga sebelumnya

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Anas RA bahwasanya Nabi Saw tak mengunjungi keluarganya di saat malam hari ketika pulang safar. Tapi Rasulullah SAW mengunjungi keluarganya pada saat siang ataupun sore hari (HR Bukhari Muslim).

Nabi Muhammad SAW telah melarang orang yang sudah lama mengadakan safar untuk mengunjungi keluarga atau istrinya saat malam hari. (HR Muslim dari Jabir bin Abdillah ra).

Dengan memberitahukan kepulangan dari tanah suci Mekah sebelumnya maka sang istri dapat melakukan berbagai persiapan dalam menyambut kepulangan sang suami.

Dimana ia dapat melakukan bersih-bersih rumah, berdandan dan lain sebagainya. Hingga pertemuan kembali dengan anggota keluarga di rumah tak mengecewakan.

3. Melaksanakan shalat sunat dua rakaat

Adapun adab pulang haji lainnya sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW adalah mengunjungi masjid paling dekat untuk melaksanakan shalat sunat dua rakaat setiba di tanah air atau kota tempat tinggal. Adapun niat solat adalah sholat kedatangan dari safar yang dikenal dengan istilah shalat sunat qudum.

Yang tata cara shalat qudum atau shalat sunat pulang haji sebanyak dua rakaat sama seperti melaksanakan sholat sunat dua rakaat lainnya.

Hal ini berdasarkan hadits bahwasanya  Rasulullah SAW sudah terbiasa setiap pulang safar mengunjungi masjid terdekat. Kemudian melaksanakan shalat sunat dua rakaat.

4. Menyambut

Bagi masyarakat sekitar atau sanak kerabat hendaknya menyambut orang yang pulang dari haji. Sekaligus mendoakannya supaya hajinya dapat mabrur dan bisa memberikan manfaat kebaikan bagi masyarakat secara luas.

5. Berbagi

Sudah menjadi kebiasaan di masyarakat Indonesia selepas pulang haji melakukan bagi-bagi oleh-oleh kepada tetangga, sanak kerabat dan masyarakat di sekitarnya. Hal itu sudah jadi tradisi dan sangat bagus untuk saling berbagi kebaikan.

Sebagaimana Rasulullah SAW :”Saling berbagilah kalian. Karena dengan sikap saling berbagi akan menimbulkan rasa kasih sayang diantara kalian”.

6. Berdoa

Mengucapkan doa sepulang dari haji ketika melihat kampung halaman dan menjumpai sanak kerabat dan anggota keluarga di rumah. Kepada para tamu pun selalu berdoa supaya mereka dapat diberikan kemampuan fisik dan materi untuk melaksanakan ibadah haji.

Doa Pulang Haji Mustajab

Ada banyak jenis doa orang pulang haji antara lain doa pada saat melihat tanah air, doa silaturahmi orang pulang haji, doa pulang haji sebelum masuk rumah, dan doa yang dibaca setelah pulang dari haji untuk para tamu yang berkunjung ke rumah kita.

Adapun untuk teks doa pulang haji ketika melihat kampung halaman adalah : “Aayibuunat taaibuun ‘aabiduuna lirobbinaa haamiduun.

Artinya : Orang-orang yang kembali, melakukan taubat, hanya pada Allah kami memuji. Doa ini diucapkan secara berulang-ulang kali pada saat sobat telah berada di pesawat dan menyaksikan kota sobat.

Dengan demikian sangat jelas bahwa doa pulang haji terdapat contohnya dalam hadits. Dan ini sangat dianjurkan untuk dilaksanakan dalam rangka mencapai haji yang mabrur dan diterima oleh Allah SWT secara baik yang berhak mendapatkan balasan surga.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *