Pengertian CPAP | Penjelasan | Manfaat | Efek Samping

CPAP adalah sebuah alat kesehatan yang sering dipakai oleh seseorang yang mempunyai gangguan tidur atau persoalan dalam pernafasan. Contohnya sleep apnea.

Orang yang menderita sleep apnea ketika tidur akan mengalami jeda dalam bernafas. Hal tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan seseorang. Di sinilah manfaatnya pemasangan CPAP untuk mengatasi gangguan tidur tersebut.

Kepanjangan CPAP adalah Continuous Positive Airway Pressure yang berupa alat penyembuhan pernafasan yang sifatnya non bedah.

Peralatan medis ini sangat ampuh mengatasi obstructive sleep anea. Orang yang menderita gangguan tidurnya khususnya orang dewasa dapat terbantu dengan menggunakan mesin CPAP.

Manusia memiliki organ pernafasan yang dimulai dari tenggorokan, mulut dan hidung yang membawa oksigen sampai ke paru-paru. Namun orang yang memiliki sleep apnea mengalami hambatan dalam pernafasan.

Dimana saluran pernafasan tertutup maupun menyempit yang membuat aliran oksigen tersumbat. Di sinilah letak pentingnya mesin CPAP adalah untuk membantu aliran oksigen dapat tersalurkan secara baik dari mulut sampai ke paru paru.

Manfaat CPAP Adalah

cpap adalah

Adapun yang menjadi kegunaan dari pemasangan mesin CPAP bagi orang yang mengalami gangguan tidur, antara lain :

1.Memperkecil resiko terkena serangan tekanan darah tinggi

2.Mengatasi penyakit sleep apnea misalkan sering ngantuk yang berlebihan pada waktu siang hari

3.Meningkatkan kualitas tidur

4.Menghilangkan dengkur

5.Menjaga saluran pernafasan tetap lancar

Alat CPAP Bayi

cpap adalah

Penanganan bayi prematur memerlukan perawatan tersendiri. Salah satunya CPAP yang dipasang di mulut bayi untuk meningkatkan pasokan oksigen bagi bayi terutama bayi prematur supaya harapan hidup bisa lebih besar.

Sudah menjadi keharusan setiap rumah sakit menyediakan peralatan CPAP di ruangan bayi. Alat ini sangat membantu pernafasan bagi bayi. Apalagi bagi mereka yang mengalami gangguan pernafasan.

Begitu pentingnya fungsi CPAP bagi bayi sebagai peralatan pendukung pernafasan. Yang membuat bayi mendapatkan pasokan udara positif secara konsisten dan mengatasi sleep apnea atau gangguan tidur.

Oleh sebab itu, alat CPAP sangat baik dipakai pada bayi-bayi yang membutuhkan bantuan pernafasan dan ventilasi mekanik. Khususnya pada bayi prematur dibutuhkan sekali pemasangan alat CPAP untuk mendukung oksigen tersalurkan dengan baik pada bayi.

Bayi prematur bisa saja menjalani terapi pernapasan dengan intubasi. Namun sangat riskan timbulnya cedera paru dan penyakit paru kronik.

Sehingga banyak dokter yang menolak menggunakan teknik intubasi. Dan memilih menggunakan teknik CPAP adalah untuk  mencegah terjadinya gangguan pernafasan dan meningkatkan tingkat harapan hidup bayi.

CPAP Neonatus

cpap adalah

CPAP Neonatus terdiri dari berbagai jenis, merk dan type yang sangat beragam. Misalkan VPAP, BiPAP, dan lain sebagainya. Apabila alat masker CPAP tidak berjalan baik maka dokter akan menggantinya dengan jenis lain yang lebih cocok bagi bayi.

Alat CPAP Neonatus terdiri dari 3 bagian pokok, antara lain :

1. Masker yang dipasangkan dalam mulut atau hidung dilengkapi tali masker

2. Tabung yang menyatukan antara motor mesin dengan masker

3. Mesin motor yang menghantarkan udara ke tabung

Apabila sobat mempunyai masalah gangguan tidur. Misalkan gejala sleep apnea maka segera hubungi dokter. Sebelum gangguan tidur tersebut mengganggu anda sendiri dan orang di sekitar anda.

CPAP Pada Neonatus

Bayi yang berusia kurang dari 28 hari atau sering disebut neonatus sangat riskan menderita gangguan pernafasan. Oleh sebab itu, rumah sakit atau tempat persalinan menyiapkan CPAP adalah bagi neonatus untuk mendukung sistem pernafasan yang baik bagi neonatus.

Oksigen neonatus memiliki peranan strategis dalam rangka proses pasca persalinan maupun sebelum persalinan. Dimana janin yang masih dalam kandungan ibu diberikan pasokan oksigen lewat darah plasenta ibu.

Begitupula, ketika bayi baru lahir maka tak ada sangkut paut dengan plasenta. Namun pasokan oksigen berasal dari paru paru sang bayi.

Oleh karena itu, sejak bayi lahir ke dunia harus dipastikan pasokan oksigen didapatkan secara memadai. Mengingat bayi yang lahir prematur atau baru lahir sulit bernapas secara kuat.

Bayi yang baru lahir yang mengalami kekurangan oksigen akan membuat darah yang menjalar ke seluruh tubuh sangat minim.

Efek samping dari itu akan merusak organ tubuh dan jaringan otak. Yang pada akhirnya bisa menyebabkan kematian. Di sinilah fungsi CPAP pada neonatus sebagai alat pendukung pasokan oksigen pada sang jabang bayi.

Bentuk Efek Samping CPAP Adalah

Alat CPAP yang sangat bermanfaat bagi kelancaran pernafasan manusia dan mengatasi sleep apnea mempunyai beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Misalkan dari penggunaan CPAP yang membuat pemakainya merasa tak nyaman. Berikut ini bentuk efek samping mesin CPAP, antara lain :

1. Claustrophobia

Dalam arti, peralatan CPAP mempunyai masker yang berbeda-beda ketika digunakan membuat tak nyaman penggunanya. Apalagi dengan pemasangan tali yang sangat kuat membuat efek samping bagi kepala anda yang tak nyaman dan bisa membuat sakit kepala akibat tekanan tali tersebut.

2. Iritasi atau hidung tersumbat

Berikutnya penggunaan mesin CPAP adalah pada manusia dapat memberikan efek samping yang buruk adanya iritasi ataupun hidung tersumbat. Ketika bersin atau pendarahan sangat mungkin terjadi penyumbatan hidung.

Bagaimana CPAP Dapat Menghilangkan Ngorok

Anda mungkin masih asing mendengar penyakit Obstruktif sleep apnea. Penyakit ini disebut juga gangguan tidur yang lebih dikenal dengan istilah ngorok atau mendengkur ketika tidur. Kenyataannya penyakit ini sangat membahayakan para penderitanya.

Seperti dapat menimbulkan berbagai penyakit baru lain seperti stroke, serangan jantung, diabetes melitus, dan hipertensi. Bahkan dapat membuat seseorang terancam kehilangan jiwa. Oleh sebab itu, penyakit mendengkur atau ngorok perlu disembuhkan sedini mungkin.

Obstruktif Sleep Anea atau OSA merupakan jenis penyakit yang kadang tak terdeteksi. Namun gejalanya dapat diketahui ketika seseorang tidur. Ngorok sudah menjadi kebiasaan tidur masyarakat Indonesia. dan ternyata itu merupakan sebuah penyakit yang berbahaya.

Dikarenakan ketika tidur sang penderitanya akan mengalami masa jeda bernapas. Dan diakhiri dengan terbatuk-batuk. Oleh karenanya, gangguan pernafasan ini harus diatasi segera.

Untuk menghilangkan ngorok dapat dilakukan berbagai upaya, antara lain pembedahan dalam rangka pembesaran saluran pernafasan dan penggunaan mesin CPAP.

Cara penyembuhan ngorok dengan alat CPAP sangat diperlukan bagi penderita yang tidak ingin atau ketakutan dengan pisau bedah.  CPAP dapat menghilangkan ngorok dengan cara cara menyalurkan udara ke dalam paru-paru manusia ketika tidur.

Pada saat tertidur tersebut detik detik kekurangan oksigen atau jeda berhenti nafas bisa dihindarkan dengan pemasangan alat CPAP adalah yang terus memasok udara oksigen dan membuat jalan nafas semakin terbuka.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *