Inilah Cara Membuat Artikel Ilmiah dengan Baik dan Benar

Memahami cara membuat artikel ilmiah terbilang sangat penting terutama bagi Anda yang memegang profesi guru. Sebab guru bisa mengajukan kenaikan jabatan atau golongan dengan mengumpulkan kredit dari karya tulis yang dibuatnya.

Tentunya proses pembuatan artikel ilmiah ini tak sekedar menulis dan mempublikasinya. Sebab terdapat banyak point yang musti dibahas dan dipegang untuk menciptakan artikel ilmiah berkualitas.

Meskipun menjadi syarat wajib bagi pengemban profesi guru untuk bisa naik jabatan, naik golongan, atau diangkat menjadi PNS. Nyatanya masih banyak guru yang belum menghasilkan artikel ilmiah sesuai ketentuan dari Permen PAN dan Reformasi Birokrasi No. 16 pada tahun 2009.

Semua peraturan yag menyebutkan artikel ilmiah ini kemudian diberlakukan sejak Oktober 2013 sampai sekarang. Perlu diakui masih banyak guru yang kurang produktif membuat artikel ilmiah.

Penyebab Kurang Produktifnya Guru

cara membuat artikel ilmiah

Meski sudah ada aturan baku untuk pembuatan artikel ilmiah secara produktif namun masih banyak yang gagap perihal cara membuat artikel ilmiah. Bisa karena banyak sebab, seperti:

– Punya kesibukan banyak

Profesi guru tak selalu terlihat santai terutama yang masih memegang posisi sebagai guru honorer. Dijamin akan lumayan sibuk mencari pemasukan tambahan sehingga kebutuhan untuk produktif mencetak artikel ilmiah tersendat.

Baiknya belajar managemen waktu supaya pengumpulan kredit lewat artikel ilmiah dapat berjalan dan segera diangkat ataupun naik golongan.

– Susahnya mencari literatur

Tak semua pemegang profesi guru berada di kawasan yang strategis dan mudah mendapatkan segala kebutuhan mengajar maupun menulis artikel ilmiah.

Tidak sedikit guru yang masih tinggal di kawasan terpencil sehingga tidak memiliki sumber literatur untuk menyusun artikel ilmiah. Internet pun belum bisa diakses maksimal apalagi jika wilayahnya belum mengenal listrik PLN.

– Tidak memiliki panduan atau tutor

Salah satu cara membuat artikel ilmiah adalah memiliki tutor atau mentor yang membantu menyusun artikel dengan baik dan benar.

Rupanya untuk mendapatkan mentor ini bukan perkara mudah bisa karena mentor potensial sibuk dengan artikelnya sendiri. Bisa pula karena memang belum menjumpai sosok yang pantas dan cocok dijadikan mentor untuk menyusun artikel ilmiah.

– Kemampuan menulis masih kurang maksimal

Salah satu alasan mengapa cara membuat artikel ilmiah terasa sulit adalah kemampuan menulis yang masih terbatas. Tidak semua guru bisa menyusun laporan dengan gamblang sehingga kemampuan menulisnya masih perlu dikembangkan dengan seksama.

Tentunya untuk kendala semacam ini justru butuh latihan meski awalnya menghasilkan kualitas yang tidak maksimal. Perlahan kualitas tulisan akan meningkat dan tanpa disadari total kredit sudah mencukupi.

Langkah Penting Membuat Artikel Ilmiah

cara membuat artikel ilmiah

Untuk Anda yang sedang berusaha menulis artikel ilmiah maka pelajari beberapa langkah penting berikut agar lekas rampung:

1. Menentukan tema

Sebelum menulis artikel ilmiah baiknya sudah menentukan tema terlebih dahulu sehingga Anda bisa menulis dengan fokus. Tema yang ditentukan sejak awal membantu Anda mencari bahan yang sesuai sehingga pembahasanya total dan lebih mudah dipahami pembaca.

2. Menyusun kerangka tulisan

Memudahkan proses cara membuat artikel ilmiah yangbaik dan benar maka jangan sampai terlupa untuk menyusun kerangka.

Jadi sejak awal Anda sudah tahu awalnya harus membahas apa, tema inti disampaikan dimana, kemudian ditutup dengan kalimat atau paragraf seperti apa. Kini menjadi rambu dan petunjuk jalan untuk proses menulis Anda.

3. Menyusun paragraf yang baik

Kalimat atau paragraf pembuka dalam artikel ilmiah yang Anda susun baiknya disampaikan dengan baik dan menarik. Sebab kalimat pembuka ini diibaratkan menjadi etalase toko sehingga memberi gambaran isi toko secara keseluruhan.

Apabila paragaf pembukanya saja kurang menarik dan sulit dipahami, dipastikan isinya pun terasa berat untuk dilirik pembacanya.

4. Memberikan ilustrasi secara wajar

Dalam pembuatan artikel imliah Anda pun diwajibkan membuat atau memberikan ilustrasi terhadap karya tulis satu ini. Maka penting sekali dalam mempelajari cara membuat artikel ilmiah juga mempelajari bagaimana menyampaikan ilustrasi dengan benar.

Usahakan untuk artikel ilmiah ilustrasinya tidak berlebihan dan cukup informatif untuk dipahami pembaca.

5. Memberi penutup yang kuat

Selain pembuka, bagian penutup pun menjadi point penting dalam artikel ilmiah yang baiknya mampu merangkum semua penjabaran Anda.

Gagasan dari artikel ilmiah yang Anda buat baiknya dikuatkan dengan penutup yang Anda sampaikan. Jadi berikan kalimat yang mampu mempengaruhi pembaca untuk menyetujui gagasan yang disampaikan dalam artikel tersebut.

Manfaat Menulis Artikel Ilmiah

cara membuat artikel ilmiah

Penulisan artikel ilmiah tentu bukan tanpa alasan karena dari hasil tulisan Anda ini akan mendatangkan banyak manfaat, seperti:

– Menjadi sarana menyampaikan ide bahkan menjadi dasar bagi penulis untuk lebih kreatif.
– Mengasah kemampuan berbahasa yang baik sehingga lebih sistematis dan teratur.
– Meningkatkan kompetensi menulis laporan dan karya tulis jenis lainya.
– Menjadi sarana publikasi terhadap karya penulis artikel ilmiah.
– Memberikan dampak akademis bagi siapa saja yang membaca karya Anda.

Tujuan Pembuatan Artikel Ilmiah

Penelitian yang dilakukan oleh para guru dalam membuat artikel ilmiah tentunya tidak terlepas dari cara membuat artikel ilmiah yang baik dan benar. Tujuanya adalah:

– Penulis mampu mendiskripsikan apa yang diteliti memakai bahasa yang baik dan benar sehingga bisa berbagi ilmu dari hasil penelitian yang didapatkan.

– Menyusun artikel ilmiah juga berguna bagi penulis untuk mengetahui batasan dari tulisanya sehingga tidak keluar dari tema dan terlalu panjang atau tebal. Adapun panjang artikel ilmiah sendiri antara 3-5 halaman saja sehingga pembahasanya tidak bertele-tele dan membingungkan.

Ciri-ciri Artikel Ilmiah yang Baik

Agar membantu memudahkan usaha Anda dalam menulis artikel ilmiah maka pahami ciri-ciri artikel yang baik seperti apa. Berikut urainya:

1. Artikel ilmiah disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan langsung meskipun terbilang sederhana sekalipun jadi bukan karangan.

2. Penyusunan artikel ilmiah lebih bersifat obyektif sehingga sesuai buah pikiran penulisnya dan meski diulang hasilnya dipastikan tidak beda jauh.

3. Isi artikel ilmiah wajib berisi hasil pemikiran ilmiah sehingga bisa dijelaskan secara logis dan tidak mengarang indah begitu saja.

4. Pembuatan artikel ilmiah memang wajib sekali berdasarkan rujukan dan referensi dari berbagai sumber untuk menguatkan teori dari penelitian yang dilakukan.

5. Informasi yang disajikan bersifat eksplisit sehingga tidak ada kata-kata yang memiliki makna ambigu dan membingungkan pembacanya.

6. Bahasa juga menjadi ciri khas artikel ilmiah yang baik yakni memakai bahasa yang baku dan disampaikan secara runtut atau sistematis.

Artikel ilmiah disusun berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan sehingga bisa disusun setelah terjun ke lapangan langsung. Meski begitu merujuk berbagai regerensi dari buku dan karya artikel ilmiah lainya tetap penting untuk dilakukan agar tidak terlalu oyektif.

Mengingat banyak orang yang bisa jadi sudah melakukan penelitian yang sama, jadi pahami dengan baik cara membuat artikel ilmiah yang baik dan benar agar bebas kesalahan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *