Hal Penting dalam Memberi Nama dalam Islam

Islam menjadi din yang baik serta prima sudah mengendalikan semua kehidupan umatnya dengan baik tiada memberatkan atau merugikan umatnya. Sebab pada hakekatnya manfaat agama dalam kehidupan manusia ialah untuk membimbing kita supaya masih ada dijalan yang benar, serta supaya apakah yang kita kerjakan tidak memunculkan keburukan buat diri pribadi, keluarga serta orang yang lain.

Islam sudah mengendalikan kehidupan manusia dari semua segi, lantas apa dalam Islam ada juga tata langkah dalam memberikan nama anak? Pasti ada, serta tersebut dikit penjelasannya menurut Islam.

Langkah Memberikan Nama Anak Menurut Islam

Cara Memberi Nama Anak Dalam Islam

Dalam bahasa Arab, nama dimaksud dengan isim. Tiap-tiap manusia yang lahir ke dunia tentulah memiliki nama menjadi satu panggilan serta jati diri diri. Serta untuk memperbedakan manusia satu dengan yang lain jadi pemberian nama diharuskan menurut persetujuan (ijma’) beberapa ulama.

Serta tersebut tata langkah pemberian nama anak menurut Islam :

1. Pilih nama yang baik dalam makna ataupun panggilan

Islam menyarankan supaya beberapa orang-tua supaya memberi nama pada anaknya dengan baik dan benar, sebab menurut Islam nama ialah satu do’a. Oleh karena itu pemberian nama dalam Islam juga tidak bisa asal-asalan.

Islam memberi ketentuan atau tata langkah dalam memberikan nama anak, supaya orang-tua tidak salah dalam memberi nama anak-anaknya, sebab nama dikit banyak akan memengaruhi kehidupan anak. Serta disarankan supaya orang-tua memberi anaknya nama dengan makna yang bagus, dan indah untuk di panggil.

2. Memberi nama pada saat terbaik

Waktu yang baik dalam memberi nama pada ialah selekasnya sesudah anak itu lahir. Rasulullah memberi anak-anak mereka nama selekasnya sesudah anak itu lahir. Serta menurut sunnah Rasulullah SAW. ada tiga waktu dalam pemberian nama anak, yakni : pada hari kelahiran, sampai hari ke-3 serta ke-7, serta dihari ke-7 kelahiran.

Selain pemberian nama, pada saat hari kelahiran bayi atau hari ke 7 ada moment penting lainnya, yaitu aqiqah.  Ayah Bunda sudah mempersiapkannya? Jika belum, pilih saja Jasa Paket Aqiqah Bekasi yang sudah berpengalaman.

3. Pemberian nama serta nasab anak ialah hak bapak

Menjadi seseorang imam serta pemimpin dalam keluarga, peranan bapak dalam keluarga memang terpenting, hingga dalam pemberian nama anak juga disarankan seseorang bapak yang perlu memberinya.

Dalam Islam seseorang anak dalam permasalahan merdeka serta budak mereka ikuti ibunya akan tetapi dalam permasalahan pemberian nama serta nasab mereka ikuti ayahnya. Serta seperti hak memberi nama pada anak, seseorang bapak memiliki hak atas nasab anaknya.

Jadi, dalam memberi nama untuk anak, semestinya memakai nama yang indah, baik dalam sisi makna ataupun panggilan, sebab nama menurut Islam ialah satu do’a

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *