Artikel Bulu Tangkis | Cara Bermain | Peraturan | Ukuran Lapangan | Teknik Dasar

Artikel Bulu Tangkis – Banyak makalah, skripsi, artikel maupun tugas sekolah yang membahas mengenai olahraga bulu tangkis beserta cara bermain, peraturan, ukuran lapangan, manfaat, teknik dasar, sejarah, pengertian bulu tangkis dan lain sebagainya.

Semua itu mengetahui seluk beluk bulu tangkis tak pernah jemu. Karena jenis permainan ini sangat luas cakupannya dan sangat menyenangkan untuk dibahas.

Bulu tangkis merupakan olahraga populer di kalangan anak-anak, orang remaja, dewasa dan lansia. Jenis permainan ini dapat dilakukan semua golongan dengan murah dan mudah. Dengan seperangkat raket dan shuttlecock sudah bisa memainkan olahraga yang super aktif ini.

Adapun lapangan bulu tangkis bisa menggunakan halaman rumah yang luas dan kosong. Namun untuk bermain bulu tangkis atau badminton secara formal dan resmi harus dilakukan di lapangan dengan ukuran sesuai standar nasional dan internasional yakni 13,4 meter x 6,1 meter.

Untuk memainkan olahraga bulu tangkis sangat gampang. Dari namanya saja sudah terlihat yakni bulu yang ditangkis. Dalam arti, shuttlecock atau bola bulu tangkis dipukul menggunakan raket.

Olahraga bulu tangkis yang disebut badminton sangat seru dan asyik jika ditonton oleh anda. Apalagi jika anda bermain bulu tangkis secara langsung. Pastinya lebih seru dan mengasyikkan.

Artikel Bulu Tangkis Berasal dari Negara

artikel bulu tangkis

Permainan bulu tangkis sudah menjadi olahraga yang populer di tanah air. Namun popularitas bulu tangkis masih kalah dengan olahraga basket dan sepakbola.

Namun demikian, para penggemar olahraga bulu tangkis di Indonesia sangatlah besar juga dari semua kalangan yang terdapat di perkotaan sampai pedesaan yang terpencil.

Berbagai klub bulu tangkis tersebar di seluruh kota dan desa di tanah air sebagai wadah pembinaan bibit-bibit muda atlet bulu tangkis secara nasional.

Untuk mengetahui seluk beluk olahraga bulu tangkis dari awal pastinya harus dimulai dari sejarah bulu tangkis itu sendiri. Sesuai yang dikatakan oleh Presiden pertama RI bahwa jangan pernah melupakan sejarah.

Adapun sejarah kehadiran permainan bulu tangkis telah ada di mesir kuno pada dua ribu tahun lalu. Dimana cara bermain bulu tangkis tak memakai raket tapi memakai kaki agar kok tak jatuh ke lantai. Sehingga sangat gamblang bahwa bulu tangkis berasal dari negara Mesir.

Namun demikian, ada sebagian orang yang berpendapat bahwa olahraga bulu tangkis berasal dari negara Inggris. Tepatnya di abad kelima masehi hingga abad kelima belas masehi di negara Inggris sudah ada olahraga bulu tangkis.

Di negara ini permainan bulu tangkis dikenal dengan istilah Battledores yang kian populer. Bahkan di abad tersebut sangat mudah dijumpai di sepanjang jalan di Inggris orang yang bermain bulu tangkis.

Teknik Dasar Bulu Tangkis

artikel bulu tangkis

Untuk memulai bermain bulu tangkis, anda perlu mengetahui teknik dasar bermain bulu tangkis. Berikut ini artikel bulu tangkis tentang teknik dasar, antara lain :

1. Cara memegang raket harus baik dan benar

Teknik dasar yang harus dikuasai oleh seorang pemain bulu tangkis adalah cara memegang raket yang baik dan benar. Ini adalah yang utama dan yang pertama diajarkan kepada para pemula.

Supaya raket yang digunakan untuk memukul kok tidak terlepas dan memiliki pukulan sangat keras dengan tingkat akurasi sangat tinggi. Berikut ini contoh teknik memegang raket bulu tangkis yang bagus adalah Forehand grip dan Backhand grip.

2. Servis yang benar

Untuk mengawali jalannya pertandingan bulu tangkis diawali dengan servis. Teknik dasar servis perlu dikuasai dengan baik supaya anda bisa mengawali pertandingan bulu tangkis dengan meraih poin.

Ada dua macam teknik servis yang dapat anda lakukan yaitu servis forehand dengan memukul kok secara tinggi maupun menggunakan teknik servis backhand yang umumnya dipakai dalam kategori beregu atau double.

3. Memukul kok

Berikutnya teknik dasar bulu tangkis yang harus dikuasai dari permainan bulu tangkis adalah cara memukul shuttlecock. Teknik ini harus dikuasai secara baik untuk memberikan peluang besar kemenangan bagi anda.

Sejumlah teknik memukul kok di olahraga bulu tangkis, antara lain : forehand yang menggunakan tangan kanan dalam memegang raket dan memukul kok di sisi kanan, Backhand merupakan cara memukul kok yang terdapat di sisi kiri dan lain sebagainya.

Pukulan dalam Bulu Tangkis

artikel bulu tangkis

Salah satu teknik dasar yang mesti dikuasai dalam bermain bulu tangkis yang baik dan benar adalah menguasai teknik pukulan. Agar sobat bisa mendapatkan point dan mengakhiri permainan dengan kemenangan. Pukulan dalam permainan bulu tangkis bermacam-macam, antara lain :

1. Servis

Inilah pukulan pertama dalam olahraga bulu tangkis untuk mengawali pertandingan. Dengan target memasukkan shuttlecock ke arah daerah lawan secara silang supaya mencetak point.

Anda bisa melakukan servis panjang, servis pendek yang disebut backhand atau forehand, maupun service cambuk dan servis datar.

2. Lob

Pukulan yang melambung ke atas di sebut lob. Pukulan ini sering digunakan oleh pebulu tangkis terkenal, Susi Susanti.

Walaupun kok melambung ke atas, namun sewaktu-waktu bisa menukik tajam sekali ke bawah dan masuk ke daerah lawan hingga menghasilkan poin. Pukulan lob berbagai macam yakni, lob serang, lob penangkis, underhand lob dan over head lob.

3. Drive

Drive adalah sebuah pukulan dalam permainan bulu tangkis yang sifatnya sangat cepat dan mendatar dengan arah ke samping kiri maupun kanan lawan. Sehingga masuk ke area lawan dan sukar dikembalikan sang lawan.

4. Pukulan dropshot

Berikutnya pukulan bulu tangkis untuk mendapatkan point adalah dropshot. Anda bisa melakukan teknik dropshot atas, bawah maupun dropshot potong.

Dalam arti, pukulan ini sangat mematikan bagi lawan sebab dengan cara menempatkan shuttlecock pada daerah lawan sedekat dan secepat mungkin dengan tukikan sangat tajam.

5. Smash

Teknik pukulan berikutnya dalam olahraga badminton yang mematikan lawan adalah smash. Pengertian smash adalah pukulan keras yang dilakukan pemain bulu tangkis sehingga shuttlekok menukik tajam dan cepat ke daerah lawan yang sangat sukar diantisipasi pihak lawan.

Untuk mencetak poin dan memenangkan pertandingan, pukulan smash wajib dilakukan sesering mungkin pada pihak lawan.

Peraturan Permainan Bulu Tangkis

Untuk melakukan permainan bulu tangkis secara baik dan benar harus mengikuti peraturan permainan  bulu tangkis yang baku dan berstandar nasional dan internasional.

Hal ini dilakukan supaya pertandingan bulu tangkis berjalan fairplay, lancar dan seru. Berikut ini kumpulan peraturan permainan bulu tangkis sesuai standar PBSI dan IBF, antara lain :

1. Ukuran lapangan

Artikel bulu tangkis mengenai ukuran lapangan yang dipersyaratkan dalam olahraga adalah panjang 13,40 meter dengan lebar 6,10 meter.

2. Ukuran net atau jaring

Untuk ukuran net bulu tangkis yang membentang di tengah lapangan yaitu 6,10 meter x 0,75 meter. Dengan ketinggian 1,525 meter dari permukaan lantai.

3. Bola bulu tangkis

Adapun bola bulu tangkis yang disebut juga shuttlecock mesti dibuat dari bahan dasar bulu ayam maupun bulu angsa dengan jumlah 15 helai. Kemudian panjang bulu sekitar 60 milimeter disusun rapi lalu diikat menggunakan tali yang kuat.

4. Lakukan toss

Peraturan permainan bulu tangkis lainnya adalah sebelum memulai pertandingan badminton harus dilakukan pengundian oleh wasit utama untuk menentukan daerah awal bermain ataupun siapa yang berhak memulai servis duluan.

5. Fault atau kesalahan

Artikel bulu tangkis mengenai kesalahan dalam olahraga yang mengakibatkan lawan mendapatkan poin satu. Berikut ini jenis fault dalam pertandingan bulu tangkis, antara lain:

Shuttlekok jatuh di luar lapangan yang berarti pihak lawan mendapatkan point, kok dipukul dan tak melebihi jaring net, dan raket bersentuhan langsung dengan net.

6. Point

Point akhir bagi permainan bulu tangkis bagi kategori tunggal putri dan putra mencapai angka 21. Sedangkan poin akhir bagi kategori beregu mencapai 25 angka.

Lapangan Bulu Tangkis

Federasi Dunia Badminton disingkat BWF yang asalnya IBF telah menetapkan ukuran lapangan bulu tangkis sesuai standar internasional adalah:

Panjang 13,4 meter dan lebar 6,10 meter. Artikel bulu tangkis mengenai lapangan memiliki bentuk persegi panjang. Di tengah lapangan terpasang jaring net yang memisahkan dua daerah yang berukuran sama.

Nama Bola Bulu Tangkis

Bulu tangkis atau sering disebut badminton sama seperti permainan tenis meja, bola basket, bola voly, sepakbola, dan olahraga lainnya membutuhkan bola untuk memulai pertandingan. Namun bola bulu tangkis sangat berbeda dari bola dalam olahraga lain.

Jika bola dalam permainan basket, voly, tenis meja dll memiliki bentuk bulat. Dalam olahraga badminton bolanya berbentuk kerucut terbuka dengan bahan bulu angsa yang disusun dan diikat rapi.

Nama bola bulu tangkis secara resmi atau formal disebut shuttlecock. Namun oleh orang di Indonesia disingkat jadi kok. Jadi nama bola bulu tangkis adalah shuttlecock atau kok. Anda bisa membeli shuttlecock di toko peralatan olahraga terdekat dengan harga yang sangat terjangkau.

Shuttlecock ini mudah rusak seiring dengan banyak digunakan dalam pertandingan bulu tangkis. Hingga anda harus merawatnya secara baik dan benar supaya awet dan tahan lama.

Semoga artikel bulu tangkis seputar sejarah, teknik dasar, pukulan, peraturan permainan, ukuran lapangan, dan nama bola bulu tangkis ini bisa menambah wawasan kita.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *