Apa Itu Tiroid | Penyebab | Jenis – jenis | Diagnosis | Cara Mengobati | Bahaya

Apa Itu Tiroid – Bagi sebagian orang mungkin masih awam mendengar penyakit tiroid. Mereka bertanya-tanya , apa itu penyakit tiroid, apa penyakit tiroid mematikan, bahayanya apa saja dan cara mengobatinya.

Untuk mengenal lebih dalam mengenai penyakit tiroid, penulis akan menjelaskan secara lengkap dari awal sampai akhir mengenai penyakit tiroid.

Pengertian Penyakit Tiroid

apa itu tiroid

Apa itu tiroid? Penyakit tiroid merupakan sebuah penyakit yang terjadi disebabkan terganggunya kelenjar tiroid dalam tubuh seseorang. Adapun letak kelenjar tiroid di bawah jakun.

Kelenjar ini memiliki peranan cukup penting dalam tubuh manusia untuk menjaga metabolisme tubuh manusia supaya baik dan teratur.

Kerja tiroid dalam tubuh diatur oleh kelenjar hipotalamus dan hipofisis yang terdapat dalam otak. Jika badan seseorang kelebihan maupun kekurangan kelenjar tiroid secara otomatis otak menstimulus agar kelenjar tiroid tetap dapat stabil dan seimbang dalam tubuh manusia.

Penyebab Munculnya Penyakit Tiroid

apa itu tiroid

Adapun yang menjadi penyebab munculnya penyakit tiroid adalah tidak seimbangnya kadar kelenjar tiroid dalam tubuh manusia.

Seperti kadar tiroid yang sangat kekurangan dalam tubuh maupun kelebihan. Kekurangan kelanjar tirod dalam tubuh sangat berbahaya. Begitupula jika kadar kelenjar tiroid berlebihan dalam tubuh.

Berikut ini pemicu dan penyebab langsung terjadinya ketidak seimbangan kelenjar tiroid dalam tubuh manusia hingga menimbulkan penyakit tiroid, antara lain :

1. Kadar kelenjar iodin yang sangat berlebih dalam badan manusia

2. Efek samping penggunaan obat yang memiliki kandungan litium

3. Kelenjar hormon tiroid mengalami kerusakan yang cukup parah dikarenakan radiasi

4. Terganggunya kelenjar hormon hipotalamus dan hipofisis dalam otak

Mengenal Jenis-jenis Penyakit Tiroid

apa itu tiroid

Ada berbagai jenis penyakit yang ditimbulkan akibat gangguan kelenjar tiroid, antara lain :

1.Hipotiroidisme

Sebuah penyakit yang terjadi akibat kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroksin dalam jumlah yang sangat sedikit. Yang membuat badan menderita defisiensi. Penyakit tiroid ini lebih rentan diderita oleh kalangan perempuan yang berusia 60 tahun ke atas.

Gejala penyakit ini adalah seseorang secara tiba-tiba mengalami kenaikan bobot badan secara signifikan, lemas, mudah lelah, sensitif sekali terhadap cuaca dingin, dan kulit kering. Inilah penyakit tiroid yang bisa dialami pada wanita.

2.Hipertiroidisme

Suatu penyakit yang terjadi diakibatkan kelebihan hormon tiroid dalam tubuh manusia.

Gejala penyakit ini tampak dari ciri-ciri seperti kondisi hati yang selalu berubah-ubah dalam waktu singkat, mudah gelisah, selalu mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak, turunnya berat badan secara drastis, jantung berdetak tidak beraturan dan berdetak sangat kencang.

3.Penyakit Gondok

Anda tentu mengenal dengan penyakit gondok? Penyakit yang dapat dilihat dari ciri khas benjolan pada bagian kerongkongan atau tenggorokan manusia. Pada dasarnya, timbul penyakit gondok disebabkan kelenjar tiroid yang mengalami bengkak sehingga menjadi berupa benjolan pada leher manusia.

Jika benjolan itu semakin membesar dan menekan pada kerongkongan maupun tenggorokan maka penderitanya akan mengalami gangguan suara, mengalami kesulitan menelan makanan, sukar bernapas dan sering batuk.

4.Nodul Tiroid

Sebuah penyakit tiroid yang tampak dari adanya benjolan pada leher manusia. Benjolan ini mengandung cairan maupun bersifat padat menyerupai kista atau tumor jinak.

Orang yang menderita Nodul Tiroid tidak tampak gejalanya dari luar. Sehingga seseorang baru bisa diketahui mengidap penyakit ini setelah melakukan serangkaian pemeriksaan secara intensif di klinik kesehatan atau rumah sakit. Penyakit tiroid ini tidak berbahaya selama berukuran sangat kecil dan tidak tumbuh besar.

Namun jika benjolan membesar maka dapat membuat seseorang sukar untuk menelan makanan maupun bernapas secara normal.

Gejala Dan Ciri-Ciri Penyakit Tiroid

Bagi seseorang yang menderita penyakit tiroid hendaknya perlu waspada. Sebab penyakit ini dapat berbahaya menimbulkan berbagai gangguan tubuh dan dapat membahayakan nyawa penderitanya.

Oleh sebab itu, jika anda terdeteksi menderita penyakit tiroid segera menghubungi dokter setempat untuk penanganan sedini mungkin mencegah keterlambatan penyembuhan.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini ciri-ciri dan gejala orang yang menderita penyakit tiroid terlalu aktif, antara lain :

1.Mengalami penurunan berat badan secara drastis

2.Mengalami peningkatan bobot badan secara drastis

3.Munculnya benjolan pada bagian leher atau pembengkakan leher (penyakit gondok)

4.Mengalami kebotakan secara cepat karena rambut rontok

5.Emosi yang selalu berubah atau tak stabil

6.Mengalami kepanasan maupun kedinginan padahal suhu ruangan dikisaran normal

7.Sering kelelahan dan gelisah padahal telah melakukan istirahat cukup dan tak melakukan pekerjaan berat

8.Terganggunya sikus menstruasi pada wanita

9.Mengalami gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit dalam jangka waktu cukup panjang

10.Nyeri tulang dan otot

Bahaya Penyakit Tiroid

Apabila tidak diatasi secara cepat dan baik, penyakit tiroid bisa membahayakan nyawa manusia itu sendiri. Untuk lebih lengakp, berikut ini beberapa bahaya penyakit tiroid bagi penderitanya yang perlu anda ketahui, antara lain :

1.Memicu terjadinya penyakit kanker

2.Bayi lahir cacat yang berlaku bagi perempuan yang sedang hamil

3.Menimbulkan penyakit gondok

4.Mengakibatkan gangguan pada organ jantung

5.Bagi wanita bisa mengakibatkan ia mandul

Cara Diagnosis Penyakit Tiroid

Untuk mengetahui seseorang menderita penyakit tiroid atau tidak maka ia harus melakukan pemeriksaan atau diagnosis ke rumah sakit terdekat.

Untuk mengecek pemeriksaan penyakit ini memerlukan sejumlah tahapan yang sangat kompleks dan rinci yang mencakup biopsi aspirasi jarum halus, pemindaian isotop radioaktif, USG dan cek darah. Proses pengecekan darah berguna untuk melihat kadar TSH dan hormon tiroid.

Untuk pemindaian isotop radioaktif dan pengecekan USG berguna untuk mengetahui jenis benjolan dan ukurannya yang diderita sang pasien. Adapun proses biopsi aspirasi jarum halus untuk mendalami jenis sel yang terdapat pada benjolan.

Semua itu dilakukan untuk mendeteksi jenis penyakit tiroid dan bagaimana kondisi tingkatannya. Sehingga bisa diketahui cara pengobatan yang paling efektif dan efisien yang bisa dilakukan untuk menanggulangi penyakit tiroid tersebut.

Cara Mengobati Penyakit Tiroid

Untuk mengobati penyakit tiroid yang dialami oleh sang pasien ada beberapa cara yang dapat ditempuh oleh dokter, antara lain : terapi iodium menggunakan radioaktif, pemakaian obat-obatan dan terakhir adalah melakukan operasi.

Namun jika keadannya tidak parah maka ia bisa diberi obat-obatan yang sesuai dengan jenis penyakit tiroid yang diderita.

Berikut ini manfaat dari terapi radioaktif dan pemberian obat-obatan bagi penderita penyakit tiroid, antara lain :

1.Menghilangkan sel tiroid dalam tubuh manusia

2.Mengurangi produksi hormon tiroid bagi penderita hipertiroid

3.Mengganti hormon tiroid yang terdapat pada badan manusia

Cara lain yang bisa ditempuh untuk mengobati penyakit tiroid adalah melakukan pembedahan atau operasi yang memiliki resiko tersendiri. Proses ini untuk mengangkat benjolan tiroidektomi atau kelenjar tiroid yang sudah berukuran besar terdapat pada bagian leher manusia.

Demikianlah penjelasan apa itu penyakit tiroid, penyebab munculnya, jenis-jenis, ciri-ciri, bahaya dan cara mengobatinya. Sebenarnya penyakit tiroid ini terbagi dua yakni penyakit tiroid yang membahayakan dan yang tidak membahayakan.

Namun mayoritas penyakit tiroid adalah tidak membahayakan jiwa. Dan semua bisa diatasi dengan melakukan penanganan ala medis. Barulah berbahaya bagi sang penderitanya jika benjolan tiroid semakin membesar secara bertahap. (Apa itu tiroid)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *